English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Lakukan Pendampingan Pendirian Politeknik Majene

10 Apr 2019 - 11:44 WITA · HUMAS · 940

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Majene dalam rangka perintisan pendirian Politeknik Majene. Keterlibatan PNUP sebagai pendamping pemda Kabupaten Majene dituangkan dalam bentuk naskah kerja sama yang ditandatangani oleh Direktur PNUP dan Bupati Majene. Penandatanganan yang dihadiri oleh segenap unsur pimpinan PNUP, sekretaris daerah Majene, serta segenap Kepala SKPD Majene dilaksanakan pada Selasa, (9/4) bertempat di kampus I PNUP.

 “Kerja sama yang dibangun antara PNUP dengan pemda Kabupaten Majene diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan mengembangkan kemampuan tenaga kerja yang berbasis keunggulan lokal melalui pendidikan vokasi atau keahlian terapan. Melalui rencana pendirian Politeknik Majene sekiranya dapat menjadi salah satu solusi dalam hal pemenuhan kebutuhan dan pengembangan kemampuan tenaga kerja yang berbasis keunggulan lokal yang pada akhirnya berkontribusi positif bagi peningkatan tenaga kerja terdidik,” demikian dijelaskan oleh Direktur PNUP, Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D.

Bupati Wajo, Dr. Fahmi Massiara, M. H., memberikan apresiasi atas kesediaan segenap sivitas akademika PNUP yang siap melakukan pendampingan perintisan pendirian Politeknik Majene. Salah satu yang mendasari rencana pendirian Politeknik Majene adalah karena  setelah terbentuknya Provinsi Sulawesi Barat, Majene dikenal sebagai pusat pendidikan meskipun tidak berada dalam posisi sebagai ibukota provinsi. Ditambah lagi keberadaan perguruan tinggi yang berbasis vokasi atau keahlian terapan memang belum ada sama sekali di provinsi tersebut.

Menurutnya, Majene menyimpan potensi sumber daya alam yang berlimpah dan beraneka ragam. Potensi tersebut harus dikelola dengan  baik berdasarkan pengetahuan dan penerapan bidang keahlian terapan yang memadai agar bernilai jual tinggi. Melalui pendirian Politeknik Majene akan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan berbagai sumber daya alam yang akan menjadi komoditas unggulan yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup penduduk Majene dari segi ekonomi.

Secara umum, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerja sama kemitraan dalam jangka panjang untuk melakukan sinergi dalam mendukung daya saing program vokasi. PNUP siap membantu dan menjadi pembina untuk perintisan Politeknik Majene dalam bentuk penyusunan silabus pengajaran dan kurikulum yang berbasis kompetensi dengan tetap mengacu pada kebutuhan pengembangan potensi daerah.

 


@poltek_upg