English | Bahasa Indonesia

Program Pendidikan
10 Dec 2017 - 20:30 WITA · INFORMASI UMUM · INSTITUSI

TUJUAN PENDIDIKAN
Politeknik merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan terapan dalam sejumlah bidang program studi. Pendidikan terapan yang dimaksud bersifat profesional yang berorientasi pada kebutuhan industri. Program Pendidikan Politeknik sebagai pendidikan profesional bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Politeknik diselenggarakan dengan tujuan utama untuk mendukung pengembangan industri baru dan memperbaiki mutu industri yang sudah ada. Program pendidikan profesional ini akan menghasilkan tenaga Ahli Madya (A. Md.) untuk D3 dan Sarjana Sain Terapan (S.ST) untuk D4 yang benar-benar terampil.

SISTEM PENDIDIKAN
Pendidikan di Politeknik menerapkan sistem SKS yang disajikan dalam bentuk paket yaitu sistem belajar mengajar yang mewajibkan mahasiswa menempuh seluruh mata kuliah yang diprogramkan pada setiap periode tahun ajaran. Program pendidikan Politeknik diselenggarakan dengan proporsi 60% SKS teori dan 40% SKS praktek studio, bengkel, laboratorium, atau kegiatan lapangan. Persentase perkuliahan seperti ini memungkinkan lulusan Politeknik menjadi tenaga AhIi di industri.

JENJANG PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan di Politeknik merupakan jalur profesional dengan berbagai tingkatan diploma yang dapat berkembang setara dengan strata di jalur akademik. Saat ini, program pendidikan Politeknik pada umumnya mengelola jenjang Diploma Tiga (D3) Untuk membuka kesempatan karir bagi peserta didik, program pendidikan profesional ini telah dikembangkan menjadi jenjang Diploma Empat (D4/S1 Terapan) yang lulusannya mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (SST).

JURUSAN DAN PROGRAM STUDI
Bidang pendidikan di Politeknik Negeri Ujung Pandang dibagi menjadi 2 kelompok bidang studi, yaitu :
a) Kelompok Bidang Studi Rekayasa (Engineering)
b) Kelompok Bidang Studi Tata Niaga (Commerce)
Kelompok Bidang Studi Rekayasa akan menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang teknik, sedangkan Kelompok Bidang Studi Tata Niaga akan menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang Akutansi dan administrasi bisnis. Saat ini, Politeknik Negeri Ujung Pandang telah memiliki 6 jurusan dengan membina 13 program studi D3 dan 11 program studi D4 (S1 Terapan).

Program studi D3 yaitu:
1. Teknik Konstruksi Gedung
2. Teknik Konstruksi Sipil
3. Teknik Listrik
4. Teknik Telkom
5. Teknik Elektronika
6. Teknik Mesin
7. Teknik Otomotif
8. Teknik Konversi Energi
9. Teknik Kimia
10. Teknik Analisis Kimia
11. Teknik Konsentrasi Alat Berat Trakindo
12. Administrasi Bisnis
13. Akuntansi

Program Studi D4/S1 Terapan yaitu:
1. Teknik Konstruksi Sipil
2. Teknik Perancangan Bangunan Gedung
3. Teknik Pembangkit Energi
4. Teknik Manufaktur/Mesin
5. Teknik Komputer & Jaringan
6 Teknologi Kimia Industri
7. Teknik Multimedia dan Jaringan
8. Teknik Listrik
9. Teknik Mekatronika
10. Administrasi Bisnis
11. Akuntansi Manajerial