English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Perkuat Kerjasama Triple Helix, FGD PSDKU Di Kolaka Hadirkan Pejabat Kemendikbudristek

12 Dec 2022 - 22:33 WITA · 12 Dec 2022 - 22:50 WITA · PUBLIC RELATION · 1,024

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memperkuat kerjasama triple helix menghadirkan pejabat Kemendikbudristek, kegiatan FGD dipusatkan di Hotel Sutanraja, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin, 13 Desember 2022.

Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) PNUP di Kabupaten Kolaka mendapatkan izin dari Kemendikbudristek tahun 2021. Dengan membuka prodi D3 Teknologi Konversi Energi dan S1 Terapan Akuntansi Manajerial, PSDKU Kolaka memiliki jumlah mahasiswa angkatan ketiga tahun 2022 sekitar 50 orang. Namun sebelumnya tahun 2020-2021 telah menerima kelas kerjasama rintisan PSDKU dengan jumlah mahasiswa 105 orang.

PSDKU Kolaka hadir di tengah keinginan DPRD, Pemda bersama industri setempat menghadirkan pendidikan vokasi untuk kebutuhan masyarakat dan industri yang ada di Kolaka.

Lewat kegiatan forum group discussion (FGD) kegiatan kerjasama triple helix (kerjasama yang digagas unsur akademik, pemerintah, dan industri) menyatukan persepsi untuk pengembangan PSDKU Kolaka semakin berkembang dan mandiri kedepan.

Bupati Kolaka Ahmad Syafei berharap penuh kepada pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek dan PNUP untuk menyelaraskan pengembangan PSDKU menjadi politeknik negeri Kolaka.

"Harapan kami kedepan menjadi negeri" Harap Bupati Ahmad Syafei

Bupati Ahmad Syafei juga berharap untuk mengembangkan beberapa prodi seperti pertambangan sesuai dengan blue print Pomalaa menjadi salah satu pusat tambang terbesar di Sultra sehingga kedepan membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Kita tidak mau menjadi penonton di daerah sendiri". Tegas Kader PDI-P ini

Kasubdit Kelembagaan Direktorat PTPV Kemendikbudristek Sudarsono menyambut baik pertemuan yang diinisiasi oleh tiga lembaga/institusi (Pemda, PNUP, dan industri).

"Kita selalu mendukung PSDKU dengan aturan yang ada". Harap Sudarsono

Lebih lanjut Pakar Pengembangan Pendidikan Vokasi Suhendrik Hanwar menambahkan bahwa PSDKU Kolaka layak untuk mandiri namun dikembangkan dulu yang sudah ada yakni PSDKU.

"Mari dukung PSDKU Kolaka semakin berkembang". Harap Suhendrik

Direktur PNUP Ilyas Mansur berharap pertemuan triple helix ini semakin kongkrit untuk kelanjutan PSDKU ke depan. Ia berharap Pemda dan Industri setempat bekerja sama untuk operasional kelanjutan pengelolaan PSDKU kedepan

"Kami selalu siap membantu asal keseriusan Pemda dan industri selalu ada". Singkat Ilyas Mansur

Pertemuan FGD juga menghadirkan industri besar seperti PT Antam, PT Vale, dan PT Ceria Nugraha Indotama serta Muspida, pelaku UKM, dan media massa.