English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Guru Besar PNUP, Prof. Dr .Ir.  Akhmad Aziz, Berpulang

26 Feb 2022 - 20:49 WITA · PUBLIC RELATION · 1,791

Informasi berpulangnya guru besar teknik sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bersahutan di grup Whatts App dosen karyawan (DOKAR) setelah Lidemar Halide, S.T.,  M.T., salah seorang dosen elektro PNUP pertama kali memposting ke grup sekitar jam 01.52 wita tentang berpulangnya keharibaan Ilahi Prof Akhmad Azis. Setelah itu semua seolah berlomba mengabarkan berita duka ini ke grup lain tentang meninggalnya seorang profesor pertama di jurusan teknik sipil PNUP.

Upacara pelepasan jenazah dipimpin langsung oleh Direktur PNUP , Prof. Ir. Muhammad Anshar M.Si ., Ph.D., pembacaan daftar riwayat hidup oleh Sekjur Jurusan Teknik Sipil,  Sugiharto, S.T.,  M.T.,  Ph.D.,  serta pembacaan doa oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan PNUP,  Dr. Sirajuddin Omsa, S.E.,  Med.MgMt.

Prof. Akhmad Azis dilahirkan di Kupang, 3 Mei 1961, anak dari pasangan Bapak Alm. AKBP (purn) H. Abd Azis Budjang dan Ibu Hj. Saleha yang hingga akhir hayatnya menjabat sebagai kepala laboratorium hidrolika dengan pos utamanya sebagai Guru Besar Jurusan Teknik Sipil PNUP.

Guru Besar yang murah senyum serta sangat ramah dengan siapapun yang berinteraksi dengan beliau ini menyelesaikan Pendidikan S-1 Teknik Sipil UNHAS 1987, S-2 Teknik Sipil UNHAS 2003, dan S-3 Teknik Sipil UNHAS tahun 2013. Beberapa jabatan pernah disandang mulai dari anggota SPI (2018-2020), Kepala Laboratorium  Hidrolika JTS (2020-sekarang) serta telah merampungkan buku terakhirnya berjudul penggunaan kolom pasir pada waduk serapan bersama dosen sipil Sugiharto, Ph D.

Almarhum menikah dengan Prof. Dr. dr. Sutji Pratiwi Rahardjo Sp.THT (K) seorang dosen Unhas dan dikarunia satu orang anak bernama dr  Cita Nurinsani Akhmad S.Ked.,  dan menantu dr  Muhammad Assadul Malik S.Ked, serta satu orang cucu.