English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kepincut Smart Farming 4.0 Berbasis IoT Hasil Karya Dosen PNUP, Mentan SYL:Saatnya Modernisasi & Digitalisasi Pertanian

07 Feb 2022 - 09:26 WITA · 07 Feb 2022 - 09:33 WITA · PUBLIC RELATION · 2,022

Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan), Sahrul Yasin Limpo (SYL), kepincut dengan alat modernisasi pertanian berbasis Internet of Thing (IoT). Hal tersebut dirasakan langsung oleh Mentan SYL saat melihat langsung simulasi (cara kerja) smart farming yang diperagakan oleh salah seorang dosen PNUP, Dr. Nurhayati, M.Si., di area taman Maccini Sombala, Makasar (5/2).

Dalam skenario smart farming berbasis IoT, sistem dibangun untuk memantau ladang tanaman dengan menggunakan sensor (kelembaban tanah, suhu, cahaya dan lain-lain) dan untuk mengotomatisasi sistem irigasi dan dengan cara ini maka para petani dapat memantau kondisi lapangan dari lokasi mereka saat ini.

Dosen PNUP, Dr. Nurhayati, M. Si., telah sukses menciptakan sebuah karya inovasi berupa alat/produk pertanian yang berbasis IoT (Internet of Thing). Dirinya menjelaskan pentingnya mempelajari IoT dan ditawarkan kepada SMK, mahasiswa, sekolah vokasi sebagai wujud pendidikan vokasi sebagai ahlinya dalam inovasi sebagaimana yang selalu di sampaikan oleh Dirjen Vokasi. "Kami berharap capaian ini dapat di singkronkan dengan kurikulum pembelajaran mulai dari tingkat SMK sampai tingkat mahasiswa khususnya pada pendidikan vokasi”, harap dosen Teknik Multimedia & Jaringan ini

Kehadiran Mentan ke Makassar dalam rangka mewujudkan salah salah satu area agroindustri yang berlokasi di kecamatan Maccini Sombala Makassar sebagai pusat taman yang dapat menerapkan agrowisata. "Luar biasa produk smart farming ini dapat membantu petani kita di Indonesia dan saya harap melalui Kementan akan mengundang untuk bekerja sama", sela Mentan SYL setelah simulasi berlangsung.