English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Jalin Kerja Sama PMMB 2019 dengan PT Jasa Marga dan PT Kereta Api Indonesia

30 Aug 2019 - 15:58 WITA · 30 Aug 2019 - 16:02 WITA · HUMAS · 225
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali mengirim 7 mahasiswa berprestasi untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) 2019  selama enam bulan. Ketujuh mahasiswa tersebut terbesar sebanyak tiga orang di PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jakarta dan empat orang di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung.

Tiga mahasiswa PNUP yang berhasil lolos menjadi peserta PMMB 2019 batch III di PT Jasa Marga (Persero) Tbk langsung menandatangani kontrak di acara penerimaan, Selasa (28/8) di gedung Jasa Marga Learning Institute Jakarta. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga (Persero) Tbk beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Alex Denni, selaku Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga ( Persero) Tbk mengungkapkan bahwa PMMB memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa yang berhasil menjadi peserta. Dirinya mengingatkan kepada semua peserta magang yang berasal dari 33 perguruan tinggi se-Indonesia bahwa Jasa Marga menerapkan sistem learning in just time sehingga semua karyawan harus aktif belajar dan mencari tahu setiap permasalahan yang terkait tugas sehari-hari. Begitu pula halnya dengan para mahasiswa peserta magang PKKMB 2019 harus beradaptasi dengan sistem tersebut selama enam bulan ke depan.

Sementara itu, empat mahasiswa PNUP lainnya yang berhasil lulus menjadi peserta PKKMB 2019 batch II di PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan kontrak langsung,Kamis (29/8) di Bandung di mana PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkantor pusat. Acara dihadiri oleh Direksi SDM dan Umum PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Direktur Executive Forum Human Capital Indonesia.

Direktur SDM dan Umum PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ruli Adi, menjelaskan bahwa pada PKKMB 2019 batch II kali ini diterima sebanyak 28 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka akan disebar di berbagai anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia seperti PT Kereta Api Logistic, PT Reska Multi Usaha, dan PT Kereta Commuter Indonesia. Dijelaskan juga keuntungan lainnya menjadi peserta PKKMB 2019 adalah peluang untuk direkrut menjadi karyawan semakin terbuka lebar karena selain telah mengantongi sertifikat magang, mereka juga tentunya telah memiliki pengalaman kerja.

Di kesempatan yang sama, Sofyan Rohidi selaku Direktur Executive FCHI menjelaskan bahwa PMMB merupakan program sinergi lima kementerian yang kemudian dilaksanakan secara profesional oleh FHCI sebagai perpanjangan tangan yang beranggotakan pengelola dan praktisi manajemen human capital dari berbagai lingkup BUMN. Melalui PMMB, mahasiswa berpeluang untuk mendapatkan dua sertifikat sekaligus yaitu sertifikat industri dan sertifikat kompetensi. Sertifikat industri secara otomatis akan dikeluarkan oleh BUMN yang melakukan PMMB sedangkan sertifikat kompetensi tergantung dari kebijakan setiap BUMN yang telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi.

@poltek_upg