English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tim Robot PNUP Raih Juara Umum di KRI 2017 Regional II

22 May 2017 - 10:21 WITA · INSTITUSI · 1,167

Tim robot Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang diwakili oleh tim robot dari jurusan teknik mesin dan teknik elektro berhasil tampil sebagai juara umum dengan memenangkan dua kategori lomba dan satu penghargaan khusus pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Regional II yang berlangsung selama tiga hari (18-20/5) di Universitas Telkom Bandung. PNUP menempatkan dua tim robotnya yang berhasil meraih juara yaitu tim CMCS-ART sebagai  juara I kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan tim C-GOTJA_MP sebagai  juara II dan juara strategi terbaik kategori  Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan telah menjadi agenda tahunan. KRI 2017 dibagi menjadi empat regional dimana untuk KRI Regional II di Bandung diikuti diikuti oleh 89 tim dari 37 perguruan tinggi negeri dan swasta dari wilayah Jawa Bagian Barat, Kalimantan (sebagian), dan Sulawesi. Pertandingan KRI diawali dengan pertarungan di tingkat regional yang kemudian pemenang setiap kategori berhak melaju ke kontes robot tingkat nasional yang akan di gelar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada Juli 2017.  Pemenang dari pertandingan di tingkat nasional tersebut selanjutnya akan mewakili tim Indonesia untuk berlaga ABU Asia-Pacific Robot Contest 2017 Tokyo.

“Kegiatan KRI diselenggarakan secara rutin guna mendorong kreativitas mahasiswa terutama untuk mendorong dan memotivasi mahasiswa dalam penguasaan teknologi selain sebagai implementasi ilmu pengetahuan yang didapatkan secara teoretis,” demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP saat menyambut tim robot PNUP didampingi pejabat PNUP lainnya di Kampus 1 PNUP, Senin (22/5). Ditambahkan lagi olehnya bahwa melalui perlombaan tersebut dapat ditumbuhkan suatu iklim yang sehat dalam berkompetensi  di antara sesama mahasiswa dan juga untuk mengembangkan sistem teknologi di bidang robotika.

Menghadapi ajang nasional di UPI Bandung nanti, tim robot PNUP optimis berpeluang untuk bisa tampil sebagai pemenang di kategori KRSTI mengingat pada KRI 2013 tingkat nasional tim robot PNUP berhasil menjadi juara 1 untuk kategori KRSTI. Untuk itu, Direktur PNUP berharap agar para mahasiswa dan pembina tim robot CMCS_Art bisa menambah kemampuan dan pengetahuan untuk berpeluang maju ke level internasional.

KRI 2017 terbagi menjadi lima kategori dengan pemenang sebagai berikut :

I.          Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)
Juara 1: Dagonfly (Institut Teknologi Bandung)
Juara 2: C-GOTJA_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang)
Juara 3: EL-FORZA 17 (Politeknik Negeri Jakarta)
Strategi Terbaik: C-GOTJA_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang)

II.         Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI)
Juara 1: ARJUNA (Universitas Telkom)
Juara 2: Ciwaruga 2.3 (Politeknik Negeri Bandung)
Juara 3: TERIGAS 1 (Universitas Tanjungpura)

III.        Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) - Beroda
Juara 1: CHAKRAMAKARA (Universitas Indonesia)
Juara 2: ELEKTRO SQUAD (Universitas Budi Luhur)
Juara 3: 10-D (STMIK Adhi Guna)

IV.        Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) - Humanoid
Juara 1: Barelang FC (Politeknik Negeri Batam)
Juara 2: GLADIATOS (Universitas Indonesia)
Juara 3: KRAKATAU FC (Universitas Teknokrat Indonesia)

V.         Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)
Juara 1: CMCS_Art (Politeknik Negeri Ujung Pandang)
Juara 2: Euro Arte (Universitas Sam Ratulangi)
Juara 3: ISOLA_A.5 (Universitas Pendidikan Indonesia)

Selain itu panitia juga membuat Penghargaan Khusus KRI Regional 2 yang terdiri atas juara umum yang diraih PNUP dan supporter terbaik yang diraih Universitas Telkom Bandung.

 


@poltek_upg