English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Gelar Upacara Bendera, PNUP Peringati HUT ke-74 RI

17 Aug 2019 - 09:43 WITA · HUMAS · 518

Segenap civitas akademik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang meliputi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada Sabtu (17/8). Upacara dilangsungkan dengan khidmat bertempat di pelataran parkir kampus I PNUP.

Melalui pidato seragam Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Muhammad Nasir, Ph. D., yang dibacakan oleh Direktur PNUP, Prof. Muhammad Anshar, Ph. D., disebutkan bahwa melalui momen Hari Proklamasi 17 Agustus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia. Menristekdikti juga mengajak untuk memahami hakekat proklamasi kemerdekaan dan nilai-nilai yang telah dicontohkan oleh para pahlawan kemerdekaan.

Tahun ini tema peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia adalah "SDM Unggul, Indonesia Maju". Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.

Dalam menciptakan SDM yang unggul perguruan tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.

Pada peringatan HUT ke-74 kali ini terdapat 112 dosen dan tenaga kependidikan PNUP yang menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya dari pemerintah Republik Indonesia yang terbagi menjadi 31 orang untuk masa kerja 30 tahun, 32 orang untuk masa kerja 20 tahun, dan 49 orang untuk masa kerja 10 tahun. Selain itu diserahkan juga piala dan hadiah kepada pemenang dari berbagai lomba Direktur Cup 2019 PNUP yang diadakan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan. Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi dari sejumlah bidang ekstrakurikuler. Pemberian penghargaan tersebut rutin dilakukan dengan maksud untuk memberikan motivasi kepada  mahasiswa PNUP agar lebih giat lagi berkarya dan berprestasi.


@poltek_upg