English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Raih Lima Juara di Selekda ASC XIII 2019

29 Mar 2019 - 10:02 WITA · HUMAS · 964

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil meraih lima juara dalam ajang Selekda Asean Skills Competition (ASC) XIII yang digelar selama tiga hari (25-27/3) yang diadakan di Balai Latihan Kerja (BLK). Dalam ajang Selekda ASC XIII, PNUP mengirim utusan mahasiswa yang merupakan komunitas robot EPROM PNUP untuk bertanding di tiga bidang lomba kejuruan dan berhasil meraih juara.

Mereka adalah Nurafiyah Musdah (juara 1 kejuruan mekatronik), Nur Hilmi dan Muhammad Adriansyah (juara 2 kejuruan mekatronik), Pilar Syahadah Abada (juara 2 kejuruan elektronik), Irvianto (juara 3 kejuruan elektronik), dan Muhammad Irsyad (juara 3 kejuruan instalasi).

ASC yang sudah digelar sebanyak tiga belas kali ini merupakan perlombaan kompetensi bidang kejuruan yang terdiri dari bidang automobile teknologi, instlasi elektrikal, elektronik, mekatronik, dan welding. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan calon-calon kompetitor yang memenuhi standar melalui prosedur dan tata kerja yang terencana. Lomba yang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi merupakan bagian dari tahapan persiapan Indonesia menghadapi ASEAN Skills Competition XIII yang akan dilaksanakan di Singapura pada tahun 2020 mendatang.

Dua dari mahasiswa PNUP yang menang tersebut yaitu Nurafiyah Musdah dan Pilar Syahadah akan mewakili Sulsel pada Seleknas mendatang di BLK Bekasi. Kompetensi yang dilombakan pada ASC XIII tingkat nasional tentunya akan lebih ketat dengan berbagai macam poin penilaian.

Khusus untuk bidang kejuruan mekatronik dan elektronik yang diikuti mahasiswa PNUP, kompetensi yang ditekankan adalah kemampuan dalam hal matematika dasar, berpikir secara kreatif dan kritis, mampu memecahakan masalah, serta melakukan pekerjaan yang ramah lingkungan. Peserta juga akan diminta untuk mampu membuat peralatan atau sistem untuk elekronik atau kelistrikan yang dapat digunakan dalam dunia industri maupun untuk keperluan riset lainnya.