English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

KUNJUNGAN EDUKATIF: MAHASISWA D4 ADMINISTRASI BISNIS PNUP MEMPELAJARI MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI INDUSTRI DI PT YAKU

11 Jun 2024 - 08:41 WITA · PUBLIC RELATION · 356

Pada hari Selasa, 11 Juni 2024, mahasiswa D4 Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kunjungan industri ke Galeri Yakult Makassar. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan rutin pembelajaran mata kuliah Manajemen Operasi dan Produksi.

 

Galeri Yakult Makassar merupakan representatif pabrik Yakult di mana pengunjung dapat melihat tahapan dan proses produksi Yakult. Berbagai tampilan berupa foto, video, atmosfer, dan suasana dibuat seolah-olah pengunjung sedang berada di pabrik Yakult Mojokerto.

 

Topik utama yang dibahas adalah proses produksi Yakult, yang mencakup:

  • Fermentasi bakteri
  • Proses pencampuran
  • Quality control
  • Pembuatan botol
  • Proses pengisian botol
  • Pengemasan produk
  • Pendistribusiannya

Informasi menarik tentang bakteri LcS juga dapat dilihat langsung melalui mikroskop.

 

Dosen pengampuh mata kuliah, Dian Gita Utami, S.T., M.A.B., menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada mahasiswa sehingga mereka dapat mengaitkan teori yang telah dipelajari di kelas dengan praktik lapangan.

 

"Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa karena kami dapat melihat langsung bagaimana teori yang kami pelajari diterapkan dalam dunia industri. Selain itu, pengalaman ini juga meningkatkan kemampuan observasi dan analisis kami," ujar salah satu mahasiswa peserta kunjungan.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, di mana para mahasiswa aktif mengajukan pertanyaan dan mendapatkan penjelasan langsung dari pihak Yakult.

Dengan adanya kunjungan industri ini, Prodi D4 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang berharap dapat terus memberikan pengalaman belajar yang holistik bagi mahasiswanya, serta menjalin kerjasama yang lebih erat dengan industri untuk mendukung proses pembelajaran pendidikan berbasis vokasi dan profesi.

 

Kunjungan industri ke Galeri Yakult Makassar merupakan kesempatan yang berharga bagi mahasiswa untuk belajar tentang proses produksi Yakult dan mengaitkan teori yang telah dipelajari di kelas dengan praktik lapangan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan observasi, analisis, dan problem-solving, serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja.