English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Calon Alumni PNUP Dibekali Kiat Untuk Berwirausaha

07 Oct 2021 - 06:55 WITA · 12 Oct 2021 - 10:17 WITA · PUBLIC RELATION · 281

UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar kegiatan seminar dan workshop bagi calon alumni. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut (6-7/10) diadakan di aula lantai 3 gedung direktorat kampus 1 PNUP.

Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D., dalam sambutan pembukaan seminar dan workshop menyampaikan kepada seluruh calon alumni tentang kiat-kiat memasuki dunia usaha dunia industri (DUDI), persiapan test/seleksi, dan terutama menjadi wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. "Kalian semua menjadi penggerak di dunia usaha dunia industri tentu dengan memiliki karakter dan kompetensi sesuai bidang studi masing-masing", tambahnya.

Sebelum menjadi alumni, mahasiswa PNUP dibekali sejumlah persiapan baik hardskill maupun softskill sebelum memasuki dunia kerja. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang harus dimiliki setiap calon alumni sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Pada kesempatan tersebut, Direktur PNUP juga akan mengusulkan dana hibah yang dikompetisikan untuk diberikan sebagai modal usaha bagi mahasiswa atau calon alumni yang ingin belajar berwirausaha. Hal itu akan menjadi semacam pelatihan atau laboratorium mini mengelola usaha untuk persiapan setelah menjadi alumni yang sesungguhnya.

Hadir sebagai pembicara/narasumber dalam acara tersebut antara lain Risal Amin dari Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sulsel, Rusdi Manaf dan Indah Karlina Ilham dari Training dan Talent Kalla, Insanul Kamilsah dari Bank Mandiri, Khadijah Herdaryani dari STIA LAN Makassar, psikolog Nurul Inayah Zainuddin dan Fadly Rachman yang merupakan asesor Potensia Indonesia.


@poltek_upg