English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dosen PNUP Lakukan Pendampingan Penyusunan Rencana Bisnis Bumdes Mart di Desa Tanete Maros

14 Oct 2019 - 10:31 WITA · HUMAS · 206

Pendampingan penyusunan rencana bisnis Bumdes Mart sebagai upaya pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang diketuai oleh Dr. Sirajuddin Omsa, S.E., M.Ed.Mgmt. Pendampingan tersebut merupakan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) yang dilaksanakan di Desa Tanete Kecamatan Simbang, Maros sebagai salah satu desa binaan PNUP berlangsung sejak Mei 2019 dan berakhir di Oktober 2019.  Tujuan utama IbM dilakukan di Desa Tanete tersebut adalah untuk memberi pendampingan penyusunan rencana bisnis dalam rangka pendirian BUMDES Mart di desa ini.

Beberapa aspek yang menjadi perhatian utama pada proses pendampingan tersebut adalah aspek organisasi dan manajemen, aspek pemasaran, aspek operasional, dan aspek keuangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan IbM tersebut adalah ceramah, diskusi, dan pendampingan. Jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 10 orang dengan perinican 2 orang laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Salah satu peserta, Yompo mengemukakan bahwa kegiatan IbM yang diberikan oleh tim pengabdian dari Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah penyusunan rencana bisnis. 

Sementara itu Kepala Desa Tanete, Abdul Kadir, sangat mengaharapkan kepada institusi pendidikan agar rutin memberikan bimbingan dan pendampingan ke staf administrasi di Desa Tanete mengingat kualitas SDM memegang peranan penting dalam memperlancar kegiatan di kantor desa. Adanya pendampingan penyusunan neraca dan laba rugi di kantor Desa Tanete dapat memudahkan perangkat Desa Tanete untuk mengukur keberhasilan aparat desa dalam mengelola pemerintahan desa.

Di akhir kegiatan pendampingan, Sirajuddin Omsa yang didampingi oleh anggota tim PKM PNUP lainnya yaitu Muhammad Ridwan dan Fatmawati mengharapkan agar hasil penyusunan rencana bisnis BUMDES MART segera diimplimentasikan oleh mitra IbM, agar Desa Tanete segera bisa memperoleh penghasilan dari pengelolaan Bumdes Mart.  


@poltek_upg