English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Raih Dua Juara di Ajang KMIPN 2019 Riau

14 Sep 2019 - 09:04 WITA · 16 Sep 2019 - 08:46 WITA · HUMAS · 628

Politeknik Negeri Ujung Pandang berpartisipasi di ajang Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2019 yang diadakan di Politeknik Caltex Riau selama dua hari (11-12/9). Dalam ajang yang bertema "IT for Smart Society" tersebut PNUP mengirim enam tim mahasiswa jurusan teknik elektro.

Menurut Dr. Ir. Hafsah Nirwana, M.T., selaku ketua jurusan teknik elektro PNUP bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional. Dirinya mengaku berbangga atas raihan prestasi ditorehkan mahasiswa yang dikirim tahun ini ke ajang KMIPN karena dari 6 tim yang dikirim, 2 diantaranya berhasil meraih juara 1 kategori game development dan juara 2 kategori e-goverment. Pada KMIPN 2019 terdapat 8 kategori lomba yang dipertandingkan. Kategori tersebut meliputi animasi hackathon, cipta inovasi di bidang TIK, keamanan jaringan, pengembangan aplikasi dan permainan, internet of things smart, innovation challenge, e-government, dan perancangan bisnis TIK.

Untuk kategori game development yang berhasil meraih juara I, PNUP diwakili oleh tim  AV Fantasy Dimension (Adnan, Muhajirin Saad, Hadyan) dari dari program studi teknik multimedia dan jaringan. Pada kategori ini, peserta didorong untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan aplikasi permainan yang mampu berjalan dengan baik untuk memenuhi tujuan yang dicapai, memperlihatkan sisi pendidikan, mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus mengandung unsur menghibur (entertainment value) dari sebuah permainan itu sendiri.  

Sementara itu kategori e-government yang meraih juara II, PNUP diwakili oleh  oleh tim Pocari (Erasmus Tambing, Putri Lisanda dan Hendra) dari program studi teknik komputer dan jaringan. Kategori lomba ini merupakan lomba aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya. Begutu pula sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi dalam memberikan informasi kepada pemerintah. Aplikasi e-Government dapat diimplementasikan dalam bentuk web-based, mobile-based atau kombinasi keduanya.  


@poltek_upg