English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa PNUP Diajak Pertamina Ikut Rekruitmen

19 Aug 2019 - 16:08 WITA · HUMAS · 411

Unit Career Centre and Tracer Study Politeknik Negeri Ujung Pandang (CCTS-PNUP) bekerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) Region VII Sulawesi menggelar "Pertamina Goes to Campus", Senin (19/8) di aula lantai 3 kampus I PNUP. Kali ini tema yang diangkat adalah sosialisasi kegiatan rekruitmen PT Pertamina (Persero) untuk perguruan tinggi wilayah Sulawesi. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur PNUP yang didampingi Pembantu Direktur I dan IV beserta Ka. Unit CCTS-PNUP. Sementara itu dari pihak Pertamina hadir Human Capital Marketing Operation Region VII, Nurdin Tri Wibowo, beserta jajaran.

 “Melalui sosialisasi semacam ini diharapkan PNUP dan Pertamina dapat menciptakan suatu metode rekrutmen alumni atau mahasiswa semester akhir yang akan dijaring untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai kompetensi yang telah distandarkan oleh Pertamina”, ujar Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si., Ph.D., saat membua kegiatan secara resmi. Ditambahkan lagi bahwa melalui kerja sama, PNUP dapat mengetahui kebutuhan seperti apa yang diperlukan oleh pihak industri sehingga kurikulum yang dikembangkan oleh pihak kampus dapat disesuikan dengan kebutuhan pangsa pasar dan dunia kerja yang berkembang.

Sementara itu menurut Nurdin Tri Wibowo, Menurut Anton Fatoni, S. IP., M.M., Human Capital Marketing Operation Region VII, dengan melihat varian usaha yang dijalankan PT Pertamina (Persero) tentunya dibutuhkan jumlah karyawan yang tidak sedikit setiap tahunnya serta harus memenuhi berbagai syarat standar kompetensi perusahaan yang meliputi sikap mental, pendidikan, pelatihan, keterampilan, dan pengalaman.

Untuk itulah, pihaknya melirik alumni dari perguruan tinggi yang berbasis vokasi seperti PNUP untuk direkrut sebagai karyawan karena dianggap lebih menguasai praktek sebab semua program studi yang diterapkan di perguruan tinggi vokasi diarahkan secara relevan sesuai kebutuhan industri.

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 700-an mahasiswa yang akan diwisuda pada Oktober mendatang, peserta diberi penjelasan tentang persiapan menuju dunia kerja serta bagaimana cara membuat kurikulum vitae yang sesuai standar. Selain itu mereka juga diberi gambaran seluk-beluk bisnis Pertamina sekaligus tips dan trik dalam proses rekrutmen Pertamina.

 


@poltek_upg