English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tiga Mahasiswa PNUP Ikut PMMB 2019 di Pelindo IV

09 Aug 2019 - 15:39 WITA · 09 Aug 2019 - 15:41 WITA · HUMAS · 662

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali mengirim 3 mahasiswa untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) 2019 batch kedua yang akan berlangsung selama enam bulan di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV. Ketiga mahasiswa PNUP tersebut bersama 23 peserta lainnya yang berasal dari 13 perguruan tinggi diterima langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelindo 4, Jumat (9/8) di ruang serbaguna kantor Pelindo IV.

Direktur SDM Pelindo 4, Muhamad Asyhari, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa PMMB diadakan sebagai bentuk pengayaan wawasan dan keterampilan untuk mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global. PMMB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN selain sebagai salah satu sarana penghubung antara universitas dengan pihak industri. Ditambahkan lagi olehnya, untuk batch II kali ini jumlah peserta dinaikkan dua kali lipat dari batch pertama menjadi 26 peserta yang akan disebar di kantor pusat, kantor cabang Makassar, terminal petikemas Makassar, dan Makassar New Port.

Di kesempatan yang sama, Dr. Tawakkal, M. Si. Ak., selaku Pembantu Direktur II PNUP yang ikut menghadiri penerimaan peserta PMMB 2019 batch II Pelindo IV menambahkan bahwa dengan adanya PMMB ini dapat menjadi kalibrasi link and match kurikulum serta silabus antara yang mahasiswa dapatkan di bangku kuliah dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak industri. Melalui hal tersebut, pihak perguruan tinggi tentunya akan mendapat masukan untuk melakukan pembaharuan terhadap kurikulum dan silabus perkuliahan yang telah dijalankan sebelumnya berdasarkan pengalaman magang yang dilakukan mahasiswa.

Mahasiswa PNUP yang ikut PMMB tidak diwajibkan lagi mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama dua atau tiga sebagai salah satu syarat sebelum wisuda. Selama enam bulan mengikuti PMMB di Pelindo IV, mahasiswa akan mendapatkan fasilitas yang hampir sama dengan pegawai Pelindo IV dan di akhir program akan dilakukan penilaian. Pemberian penilaian didasarkan dari pembimbing perusahaan (mentor), penanggung jawab kegiatan dalam hal ini tim SDM, dan presentasi akhir. Hasil dari penilaian itu akan tertuang dalam selembar sertifikat yang nilai jualnya tinggi saat dilakukan rekrutasi karyawan di semua BUMN yang menyelenggarakan PMMB.


@poltek_upg