English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

BAN-PT Visitasi Prodi Analisis Kimia PNUP

05 Aug 2019 - 14:02 WITA · HUMAS · 265

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka proses akreditasi program studi (prodi) D3 analisis kimia. BAN-PT yang diwakili oleh Dra. Ratna Ediati, M. S. (Institut Teknologi Surabaya) dan Dr. Bambang Yudono, M. Sc. (Universitas Sriwijaya) melakukan visitasi ke PNUP dalam bentuk asesmen lapangan  selama 3 hari (4-6/8).  Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap yang harus dipenuhi untuk proses akreditasi sebuah prodi.

Dalam sambutannya saat menerima tim BAN-PT, Senin (5/8) di kampus I PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si., Ph. D., selaku direktur menyampaikan bahwa asesmen lapangan menjadi salah satu tahap sangat penting bagi prodi yang baru diakreditasi. Hal itu karena akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di prodi yang bersangkutan. Melalui asesmen lapangan dapat dilihat sejauh mana sebuah prodi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Untuk itu, ia berpesan kepada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan prodi D3 analisis kimia memberikan pelayanan dan dukungan yang maksimal terkait asesmen lapangan.

Ditambahkan lagi bahwa akreditasi dapat memberikan jaminan kepada masyarakat luas. Jaminan itu terdiri dari berbagai elemen bahwa prodi yang  telah diakreditasi mampu memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sesuai dengan ketentuan akreditasi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Nilai akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan prodi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu. Fokus evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim asesor terletak pada standar dan elemen penilaian/parameter berupa evaluasi diri dan borang prodi dengan mengacu pada beberapa poin standar penilaian seperti mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, dan lain-lain.

Prodi D3 analisis kimia terbilang masih baru di PNUP sebab baru diselenggarakan. Lulusan prodi D3 analisis kimia diharapkan mahir secara hard skill dan soft skill untuk memilih dan mengaplikasikan metode analisis kimia yang telah dikenal, mengoperasikan instrumen kimia yang sederhana maupun kompleks, menyampaikan informasi atau analisis dengan parameter baku dari instrument kimia dengan benar, dan melakukan analisis materi tertentu dengan metode analisis kimia sesuai SOP. Kesempatan kerja yang terbuka adalah sebagai penyelia laboratorium, analis laboratorium, dan asisten peneliti.

 


@poltek_upg