English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Calon Alumni PNUP Dibekali Kiat Memasuki Dunia Industri

26 Jun 2019 - 14:21 WITA · 26 Jun 2019 - 15:09 WITA · HUMAS · 653

Membentuk dan menghasilkan lulusan siap kerja yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan harus dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya. Berangkat dari hal itu, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melalui Unit Carier Center and Tracer Study (CCTS) menggelar sosialisasi dan workshop “Kiat-kiat Memasuki Dunia Industri (Kenali Diri dan Potensi)”, Rabu (26/6) di gedung seminar kampus I PNUP.

“Memberikan kiat-kiat mengenai kehidupan di dunia industri merupakan salah satu hal yang rutin PNUP lakukan untuk mempersiapkan mahasiswa yang sebentar lagi akan menjadi calon alumni. Hal tersebut penting dilakukan apalagi melihat perkembangan arus teknologi yang turut memengaruhi kehidupan manusia di berbagi aspek kehidupan. Salah satunya adalah di bidang ketenagakerjaan yang semakin bergerak dinamis. Untuk bisa mengimbanginya, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang cerdas dan mampu menguasai dunia industri melalui kemampuan teknologi”, demikian disampaikan oleh Wahyu Budi Utomo, HND., M. Sc., ketua jurusan teknik kimia PNUP, yang mewakili Direktur PNUP saat membuka workshop.

Sementara itu menurut Kepala Unit CCTS PNUP, Yuliani H.R., M. Eng., di acara ini juga disosialisasikan kepada para calon alumni PNUP bahwa pihak kampus tidak akan melepas begitu saja para alumni meskipun telah bekerja dan tersebar di berbagai industri. PNUP masih akan tetap melakukan penelusuran alumni guna mencari informasi tentang keberadaan kerja, posisi di tempat kerja, hingga kinerja yang telah dihasilkan. Begitupun halnya dengan alumni yang belum terserap di dunia kerja akan ditelusuri alasannya. Semua itu dilakukan sebagai bahan revisi kurikulum di semua program studi PNUP guna peningkatan kompetensi alumni.

Seminar yang diikuti mahasiswa yang sebentar lagi akan menjadi calon alumni di akhir tahun ini menghadirkan dua narasumber yang bertindak sebagai pemateri yaitu Yanti Rubiyanti, M. Psi. yang merupakan dosen psikologi Universitas Padjajaran dan Baso Alim Bahri, M. Adm., SDA., CPHRM., yang menjabat sebagai General Manager HC Charoen Pokphand.

Dalam pemaparannya, Yanti Rubiyanti menyampaikan bahwa mengenali diri sendiri merupakan kunci awal dari proses pembuatan keputusan karier dan pengembangan potensi diri. Seseorang perlu mengenali dirinya dengan detail sebelum membuat keputusan dalam berkarier agar dapat mengetahui jenis karier seperti apa yang sebenarnya ia inginkan atau sejauh mana kemampuan yang ia miliki untuk mengejar karier tertentu yang diimpikan. Ditambahkan lagi bahwa potensi diri pada dasarnya adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh setiap orang hanya saja kadang belum digunakan secara maksimal karena belum digali lebih mendalam.

Narasumber lainnya, Baso Alim Bahri, yang telah lama berkecimpung di dunia psikotes dan wawancara PT Charoen Pokphand mengungkapkan bahwa banyaknya pencari kerja yang gagal di tahap psikotes dan wawancara bukan karena tidak memiliki kompetensi, tetap lebih kepada ketidaksesuaian antara kompetensi yang dimiliki dengan yang jenis kompetensi dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk itu dirinya mengingatkan agar para calon alumni PNUP benar-benar memahami perusahaan yang dilamar untuk mencari pekerjaan dengan jenis kompetensi yang dimiliki.

 


@poltek_upg