English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gandeng PT AirNav untuk Magang Mahasiswa Bersetifikat

12 Feb 2019 - 10:51 WITA · 12 Feb 2019 - 11:11 WITA · HUMAS · 747

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengirim dua mahasiswa untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) 2019  selama enam bulan di  salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menangani pelayanan navigasi penerbangan di wilayah Indonesia yaitu PT AirNav Cabang MATSC. Kedua mahasiswa tingkat akhir jurusan teknik elektro yang dikirim PNUP langsung mengikuti pembukaan PMMB semester I 2019, Senin (11/2) di gedung MATCS yang dibuka langsung oleh General Manager PT AirNav Cabang MATSC.

Dalam sambutannya, Novy Pantaryanto, selaku General Manager PT AirNav Cabang MATSC mengungkapkan bahwa PMMB ini merupakan tindak lanjut dari hasil workshop match up yang tertuang dalam bentuk MoU oleh lima kementerian yang terlibat. Dirinya mengaku senang, PT AirNav Cabang MATSC sebagai salah satu BUMN dipercaya untuk ikut terlibat di PMMB 2019. Untuk itu, pihaknya berjanji bahwa mahasiswa yang mengikuti PMMB selama enam bulan akan dibimbing langsung boleh mentor yang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang navigasi penerbangan.

Sementara itu Kepala Unit Unit Career Centre and Tracer Study (CCTS) PNUP, Yuliani, S.T., M. Eng., yang ikut menghadiri pembukaan PMMB semester I 2019 di kantor PT AirNav Cabang MATSC sekaligus menyaksikan penandatangan kontrak magang dua mahasiswa PNUP menambahkan bahwa magang mahasiswa di PT AirNav bukanlah hal yang mudah. Prosesnya dimulai dari seleksi tingkat jurusan di kampus masing-masing. Mahasiswa yang terpilih dari setiap kampus harus berkompetisi lagi dengan mahasiswa  dari perguruan tinggi lain yang penilaiannya dilakukan secara langsung oleh pihak PT AirNav yang berpusat di Jakarta.

Mahasiswa PNUP yang ikut PMMB tidak diwajibkan lagi mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama dua atau tiga sebagai salah satu syarat sebelum wisuda. Selama enam bulan mengikuti PMMB di PT AirNav Cabang MATSC, mahasiswa akan mendapatkan uang saku setiap bulan dan di akhir program akan diberi sertifikat. Selain itu keuntungan lainnya adalah peluang untuk direkrut menjadi karyawan semakin terbuka lebar karena selain telah mengantongi sertifikat magang, mereka juga tentunya telah memiliki pengalaman kerja.

PMMB 2019 merupakan program sinergi lima kementerian yang kemudian dilaksanakan secara profesional oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai perpanjangan tangan yang beranggotakan pengelola dan praktisi manajemen human capital dari berbagai lingkup BUMN. PMMB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN selain sebagai salah satu sarana link and match antara universitas dengan pihak industri. Selain PMMB juga sebagai wujud komitmen FHCI untuk menjadi forum pembelajaran guna menghasilkan human capital Indonesia yang berdaya saing global dan terbuka untuk menghadapai persaingan di era masyarakat ekonomi ASEAN.