English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa Baru PNUP Dididik Bela Negara

25 Aug 2017 - 14:21 WITA · INSTITUTION · 6,220

Sebanyak 1.228 mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun akademik 2017/2018 mengikuti pendidikan bela negara yang merupakan salah satu dari empat rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang wajib diikuti. Pendidikan bela negara yang dilaksanakan selama 3 hari (25-27/8) bertempat di Markas Rindam XIV/Hasanuddin Pakatto Gowa dibuka langsung oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., yang dihadiri oleh segenap pejabat PNUP beserta Wakil Komandan Rindam XIV/Hasanuddin dan jajarannya.

Dalam sambutannya,  Direktur PNUP mengemukakan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda penerus perjuangan dan harapan bangsa harus bebas dari segala macam kontaminasi yang dapat memudarkan rasa kecintaan pada negeri ini.  Kampus harus bebas dari radikalisme, narkoba, dan kekerasan karena merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa. Pimpinan PNUP berharap agar mahasiswa baru dapat meningkatkan kedisiplinan, persatuan, dan rasa cinta terhadap almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, sekembali di kampus nanti, mahasiswa baru harus menumbuhkan semangat kedisiplinan dan persatuan bukan menghidupkan fanatisme golongan, jurusan, ataupun program studi tertentu. Selain itu melalui pelatihan bela negara dan kedisiplinan diharapkan juga agar mahasiswa baru PNUP menjadi manusia yang berahklak dan berwatak baik, bermoral dan beretika baik, serta bertutur dan berperilaku baik pula.

Di kesempatan yang sama, Kolonel Infanteri Muhammad Ali, S. H.,  selaku Wakil Komandan Rindam XIV/Hasanuddin mengungkapkan pendidikan bela negara dipandang relevan dan strategis, disamping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Jadi sudah sepatutnya kesadaran berbangsa dan bernegara yang dilandasi wawasan kebangsaan sejogyanya terus ditumbuhkembangkan kepada seluruh masyarakat Indonesia termasuk para mahasiswa.

Markas Rindam XIV/Hasanuddin yang terletak di Pakatto Gowa bukan tempat asing lagi bagi PNUP.  Tempat tersebut sebelumnya telah menjadi markas pendidikan bela negara dan kedisiplinan bagi 4 generasi angkatan yang ada di PNUP yaitu angkatan 1987, 1988, 1989, dan 2016.