English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Dapat Dana untuk Program Inkubator Bisnis Inovasi

16 Jun 2017 - 07:15 WITA · INSTITUSI · 926

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil mendapatkan pembiayaan program perusahaan pemula berbasis teknologi tahun anggaran 2017 dari Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengembangkan tiga program inkubator bisnis inovasi yang dikelola oleh PNUP. Pemberian dana tersebut merupakan upaya pemerintah dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas) serta pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dari ribuan proposal yang mengajukan permohona pembiayaan, terpilih sebanyak 116 proposal yang ditetapkan untuk menerima pembiayaan program perusahaan pemula berbasis teknologi. PNUP berhasil meloloskan 3 proposal yang mendapatkan pembiayaan untuk pengembangan inkubator bisnis inovasi.  Ini merupakan suatu prestasi besar dan kebanggan tersendiri mengingat ketatnya persaingan antar perguruan tinggi yang mengajukan proposal hingga akhirnya PNUP berhasil mendapatkan pembiayaan,” demikian disampaikan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., Direktur PNUP.

Ditambahkan lagi oleh Ir. Kifaya, M.T. , selaku manajer inkubator bisnis inovasi PNUP bahwa pembiyaan yang didapatkan PNUP akan dialokasikan kepada tenant dalam hal ini Usaha Kecil Menengah (UKM) yang telah lulus seleksi dan diinkubasi melalui pembinaan, pendampingan, dan bimbingan teknis. Pada akhir inkubasi, PNUP selaku inkubator akan melakukan evaluasi peningkatan produktivitas usaha tenant sebelum dan sesudah diinkubasi untuk melihat perbandingannya.

Program inkubator bisnis inovasi yang dijalankan PNUP merupakan program pembinaan untuk para tenant yang dirancang sedemikian rupa untuk mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis sehingga tenant dapat segera mandiri. Saat ini, ada tiga tenant yang dibina oleh PNUP yang masing-masing bergerak di bidang bisnis teknologi jamur tiram, aerator hemat energi, dan pemipil jagung dual silinder.

Dari program tersebut diharapkan tercipta jalinan kerja sama yang saling mendukung antara unsur akademik, bisnis, dan pemerintah untuk pengembangan dunia usaha mandiri. Dari segi akademik sendiri, PNUP sebagai perguruan tinggi yang berbasis vokasi tentunya program inkubator bisnis inovasi mampu meningkatkan mutu pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran kewirausaahaan yang pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya layanan mutu pendidikan tinggi. Adapun dari segi bisnis akan meningkatkan produktivitas sehingga muncul daya saing untuk mencapai kemandirian dan pada akhirnya terciptanya sebuah sistem inovasi nasional yang unggul dan kompetitif untuk mengembangkan potensi daerah yang berdampak pada peningkatan human capital secara nasional.

 


@poltek_upg