English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Buka Jalur Bebas Tes PMDK-PN

06 Feb 2017 - 09:50 WITA · INSTITUTION · 10,393

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) mulai 7 Februari hingga 21 April mendatang. Pendaftaran tersebut diperuntukkan bagi siswa/siswi lulusan SMA/SMK/MAN  yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bidang vokasi melalui jalur nontulis atau bebas tes yang akan dilakukan secara nasional dan diikuti oleh 42 Politeknik Negeri se-Indonesia melalui sistem  online.

Jalur PMDK-PN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di tingkat SMA/SMK/MAN. Pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur PMDK-PN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah.

“Tujuan penerimaan mahasiswa baru melalui PMDK-PN adalah memberi kesempatan kepada siswa/siswi terbaik lulusan SMA/SMK/MAN untuk belajar di PNUP atau Politeknik Negeri lainnya pada jenjang diploma 3 (D3) atau sarjana sains terapan (S1) tanpa harus melalui Seleksi Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang pelaksanaannya dilakukan secara tertulis,” demikian disampaikan oleh Ibrahim Abduh, S.ST., M.T., selaku Pembantu Direktur Bidang I PNUP yang membawahi bidang akademik. Tahun ini PNUP menambah satu program studi (prodi) yaitu D3 Analisis Kimia sehingga calon pendaftar dapat memilih 22 prodi yang tersedia. Ditambahkan lagi olehnya bahwa PMDK-PN yang dibuka oleh PNUP terbuka bagi semua siswa/siswi SMA/SMK/MA yang berada di dalam dan di luar Sulawesi Selatan karena pendaftarannya berlaku nasional.

PMDK-PN memberikan kesempatan kepada setiap calon mahasiswa untuk memilih dua prodi di PNUP dan satu prodi pada Politeknik Negeri lain yang dapat dilihat pada website : http://www.pmdk.politeknik.or.id. Pada website tersebut dapat dilihat secara jelas persyaratan secara umum, mekanisme seleksi, prosedur pendaftaran hingga  dokumen yang harus dilampirkan. Siswa/siswi SMA/SMK/MAN yang ingin mendaftar PMDK-PN  harus mendapat rekomendasi dari pihak sekolah masing-masing kemudian melakukan melakukan pengisian data yang benar tanpa melakukan manipulasi seperti penggantian rapor.

Hal tersebut dilakukan oleh PNUP agar dapat disaring calon mahasiswa yang benar-benar berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional sehingga siswa/siswi yang terjaring benar-benar yang terbaik. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi PMDK-PN harus memperlihatkan rapor asli, hasil Ujian Akhir Nasional 2017/2018, ijazah, dan surat keterangan hasil ujian nasional pada saat pendaftaran ulang.

Jadwal seleksi PMDK-PN :

Tanggal

Kegiatan

7 Februari – 21 April 2017

Pendaftaran

7 Februari – 25 April 2017

Pengisian data oleh sekolah 

7 Februari – 25 April 2017

Pengisian data oleh siswa

7 Februari – 28 April 2017

Pengiriman berkas ( cap pos terakhir 9 Mei 2017)

9 Mei 2017

Pengumuman

Persyaratan PMDK-PN untuk Sekolah :

  1. Sekolah yang diundang  akan diberikan username dan password sebagai login pendaftaran melalui website : http://www.pmdk.politeknik.or.
  2. Sekolah yang tidak mendapat undangan dapat mendaftar langsung ke website : http://pmdk.politeknik.or.id
  3. Akreditasi sekolah minimal B.

Persyaratan PMDK-PN untuk Siswa :

  1. Siswa SMA/SMK/MAN adalah Warga Negara Indonesia;
  2. Tidak pernah tinggal kelas;
  3. Bukan siswa pindahan;
  4. Nilai rata-rata rapor 7,0 sejak semester I s.d. V (kecuali untuk SMK program 4 tahun dari semester I s.d. VII) untuk mata pelajaran matematika, kimia, fisika, Bahasa Inggris, ekonomi, akuntansi, dan kewirausahaan);
  5. Lulus tahun 2017;
  6. Tidak menderita ketunaan.