English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

JTIK PNUP Mantapkan Penyusunan Kurikulum Vokasi Berbasis OBE

11 Jul 2025 - 08:46 WITA · PUBLIC RELATION · 84

(HumasPNUP)- Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Politeknik Negeri Ujung Pandang terus memantapkan langkah menuju pendidikan vokasi yang berbasis capaian dan lebih adaptif dengan kebutuhan industri. Pada Kamis, 10 Juli 2025, JTIK kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Berbasis Outcome Based Education (OBE) di Laboratorium Multimedia, Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Workshop ini diikuti oleh dosen dari dua program studi, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) serta Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ). Acara dibuka oleh Sekretaris JTIK, Alvian Bastian, S.ST., M.Sc., yang menekankan pentingnya penguatan kurikulum berbasis capaian pembelajaran nyata.

“Melalui workshop ini, kami berharap dosen JTIK semakin memahami penyusunan kurikulum berbasis OBE dan dapat merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terukur,” ujar Alvian di hadapan peserta.

Sebagai narasumber utama, hadir Prof. Dr. Yusring Sanusi Baso, S.S., M.App.Ling., Guru Besar di bidang Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (Computer Assisted Language Learning) yang kini menjabat Kepala Divisi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin. Dalam paparannya, Prof. Yusring menggarisbawahi urgensi peralihan dari Mastery Based Education menuju penerapan dan penguatan kurikulum vokasi berbasis OBE.

“OBE menjadi pijakan agar perguruan tinggi tidak sekadar mengajar, tetapi sungguh-sungguh mendidik, sebagai wujud komitmen menjamin mutu pendidikan yang terukur,” jelasnya.

Ia juga membagikan strategi teknis perumusan kurikulum mulai dari merumuskan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), menurunkannya ke Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), hingga penilaian dan pengukuran Sub CPMK.

Selama sesi diskusi, para dosen aktif menggali isu implementasi OBE, mulai dari kedalaman dan keluasan materi pembelajaran, penyesuaian metode Project Based Learning (PjBL), hingga merumuskan strategi indikator, teknik, dan kriteria penilaian.