English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PENGEMBANGAN BATERAI NASIONAL: TIM TASK FORCE BENCH MARKING UNS

08 Jun 2024 - 01:40 WITA · PUBLIC RELATION · 369

Pada saat ini, pasar global untuk pertumbuhan kendaraan listrik terus mengalami peningkatan yang signifikan yang mencapai 21,7% pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan. Penggunaan Baterai menjadi kebutuhan Indonesia yang tidak dapat dihindari sebagai sumber penyimpanan energi alternatif. (Solo-Jogyakarta, 2024)

 

Pemerintah Indonesia telah memiliki rencana besar dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir, termasuk bahan baku, baterai kendaraan listrik, dan kendaraan listrik itu sendiri. Sejalan dengan tujuan ini, Pemerintah Republik Indonesia telah merumuskan strategi besar, yang salah satunya mencakup penciptaan ekosistem untuk mobil listrik dan baterai kendaraan listrik (EV). Langkah ini tercermin dalam Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Untuk membantu pemerintah mewujudkan ekosistem kendaraan Listrik tersebut, Kemdikbud melalui Direktorat APTV Dirjen Vokasi membentuk konsorsium penelitian baterai. Konsorsium ini bertugas untuk mengembangkan prototype maupun metode yang diperlukan dalam ekosistem tersebut.

 

Sejalan dengan kebutuhan terhadap penyimpanan energi tersebut maka salah satu kegiatan Tim Task Force Pengembangan Standarisasi, Kebijakan dan Pengujian Baterai Nasional melaksanakan benchmarking Ke PUIPT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik Universitas Sebelas Maret Solo, berlangsung tanggal 3 – 7 Juni 2024.  Rombongan diterima langsung oleh Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto sebagai ketua Perkembangan Riset Di PUIPT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik Nasional. Tim task Force yang diketuai oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mempelajari beberapa topik yang dipaparkan oleh Prof. Muhammad Nizam ST., MT., Ph.D antara lain terkait produksi Material Aktif, proses produksi Sel, Modul, dan Pack, metode Pengujian dan Standarisasi, Sistem Monitoring, Kontrol dan Manajemen Baterai, dan serta Ekosistem mitra industri Baterai Listrik.

 

PNUP sebagai Ketua dan Koordinator Tim Task Force ini, di tahun 2024 tergabung dalam Konsorsium Baterai Listrik Nasional yang memiliki focus pada bidang Pengujian, Standarisasi, dan Kebijakan dari baterai listrik . Tim Task Force ini diikuti oleh peneliti dari kelompok konsorsium oleh 4 Politeknik (Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Semarang) dan Universitas Lampung. Tim PNUP diikuti oleh tiga dosen peneliti yakni Dr. Mahyati, ST., M.Si., Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph. D, IPM, ASEAN Eng. dan Dr. Muhira Dzar Faraby, S.T., M, T.

 

Kontribusi PNUP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia Timur, sekaligus sebagai ketua Tim Task Force, telah berencana mengembangkan Standarisasi, Kebijakan dan pengujian baterai ini dan menjadikan PNUP sebagai pusat uji baterai di Indonesia Timur. Kegiatan ini disupport oleh Pendanaan BOPTN Program Penelitian Terapan Penugasan Baterai dan Penelitian Produk Vokasi (P2V) Batch II Tahun Anggaran 2024 selama 3 tahun.