English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP-SUHU Teken MoU Pengembangan Fiber Optik Training Centre (FOTC)

05 Jun 2024 - 10:08 WITA · 05 Jun 2024 - 18:32 WITA · PUBLIC RELATION · 335

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan SUHU, PT. Kata Suhu Kita yang fokus pada Jasa Pelatihan SDM dan IT Solution, terkait program Fiber Optic Academy sebagai pengembangan aktivitas di Fiber Optik Training Centre (FOTC) PNUP.

 

MoU tersebut ditandatangani Direktur PNUP Ir. Ilyas Mansur, M. T bersama Direktur PT. Kata Suhu Kita Mohammad Isnaini S.Kom pada Selasa (4/6/2024). Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di ruang workspace centre SUHU Jogyakarta yang disaksikan langsung oleh perwakilan Bidang Kerjsama PNUP Dr Mahyati, M. Si dan turut dihadiri oleh Penanggungjawab program Fiber Optic Academy FOTC, Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D. Sementara, pihak SUHU dihadiri langsung oleh Arinda Dwi Yonida sebagai Sales and Marketing Lead didampingi pula oleh Hita Primastuti sebagai Sub Lead SUHU Academy.

 

Dalam MoU tersebut, PNUP dan SUHU bersepakat menjalin kerjasama dalam penggunaan SDM bersama antara institusi untuk pengembangan FOTC dalam program Fiber Optic Academy ini seperti antara lain pengadaan instruktir pelatihan, pelaksanaan ToT dan program pelatihan & sertifikasi bagi Tenaga Kependidikan, Dosen, dan Mahasiswa, beberapa kolaborasi dalam Dosen tamu & Praktisi Mengajar, serta kegiatan consulting PBL optimasi jaringan Fiber Optic.

 

Dr Mahyati mengatakan, kerjasama ini sebagai bagian dari pelaksanaan BLU PNUP sehingga SDM dan source peralatan dan ruang yang dimiliki PNUP dapat efektive beraktivitas dan bernilai BLU. “Kerjasama SUHU dan PNUP ini sangat berpeluang mengembangan pusat pelatihan IT, khususnya fiber optik, dikawasan Indonesia Timur karena PNUP telah memiliki sumber daya, ruangan dan peralatan yang sangat memadai.” jelasnya.

 

Program Fiber Optic Academy ini semoga akan menjadi program unggulan PNUP setelah terbentuknya Laboratorium Fiber Optik PNUP berstandar setelah bekerjasama dengan PT Telkom Akses dalam hal pembentukan lab standar terpadu FO. “Kami berharap aktivitas ini menjadi satu unit bisnis baru yang diinisiasi dari program studi kami terkait rekayasa teknologi Jaringan telekomunikasi” ujar Sirmayanti Ph.D yang juga Koordinator prodi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi PNUP.

 

Mitra SUHU juga memiliki harapan untuk bersinergi dengan PNUP dalam rangka mengembangkan Fiber Optic Academy. Hal ini juga selaras dengan pengalaman SUHU sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan IT dan SDM. Berbekal portofolio pelatihan khususnya Fiber Optic SUHU optimis dapat memberikan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan PNUP.