English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kolaborasi Kodam XIV Hasanuddin dan PNUP: MABA Diberi Pemahaman Mendalam tentang Wawasan Kebangsaan

01 Sep 2023 - 12:47 WITA · PUBLIC RELATION · 1,381

Moncongloe Maros, 31 Agustus 2023 – Kodam XIV Hasanuddin memberikan pembekalan wawasan kebangsaan (wasbang) kepada ribuan mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diadakan di Auditorium Kampus 2 PNUP hari Kamis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang wawasan kebangsaan dan meningkatkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam sambutannya, Koordinator Kesamaptaan PKKMB, Sri Indriati, mengungkapkan harapannya agar mahasiswa baru mampu tumbuh dengan kecintaan yang kuat terhadap NKRI. "Materi wasbang kita berikan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI," ujar Sri Indriati, yang juga seorang dosen teknik kimia.

Pamen Ahli Bidang Jemen Sishanneg Sahli Pangdam XIV HSN, Kolonel Inf Dodiet Lumwartono, turut berbagi pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan tantangan yang dihadapinya. Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa pemahaman mendalam terhadap wawasan kebangsaan akan mengakar kuatkan rasa cinta terhadap negara dan masyarakat. "Harapan dan kelanjutan bangsa ini berada di pundak kalian," pesannya penuh semangat kepada para mahasiswa baru.

Dalam materinya, Kolonel Inf Dodiet Lumwartono juga mengajak para mahasiswa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah, dengan landasan Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, bhinneka tunggal ika, dan NKRI.

Moderator acara, Ibrahim Abduh, memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk mengajukan pertanyaan seputar pentingnya wawasan kebangsaan. "Kalian harus memiliki mental keberanian, kejujuran, dan rasa cinta terhadap NKRI," tutup Ibrahim Abduh, mantan wakil direktur bidang akademik, kemahasiswaan, dan alumni PNUP.

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), yang akan segera merayakan usia ke-36 tahun pada dies natalis tanggal 5 Oktober 2023, terus berkomitmen dalam memberikan pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan.