English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Edukasi Pengolahan Sampah di Desa Salenreng

04 Aug 2023 - 11:48 WITA · 08 Aug 2023 - 10:34 WITA · PUBLIC RELATION · 1,004
Di tengah meningkatnya perhatian terhadap isu lingkungan, masyarakat di sepanjang Sungai Pute Rammang-Rammang, khususnya di Kampung Massoloeang, Desa Salenreng, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, menunjukkan komitmennya dalam upaya pengabdian masyarakat dengan fokus pada edukasi pengolahan sampah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitar melalui program edukasi yang berfokus pada penanganan sampah.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Sungai Pute Rammang-Rammang, yang menjadi salah satu sumber mata air penting bagi masyarakat di sekitar wilayah tersebut, menghadapi berbagai tantangan dalam hal kebersihan dan kelestariannya. Berbagai aktivitas manusia di sepanjang sungai telah menyebabkan penumpukan sampah, terutama plastik, yang mengancam ekosistem dan kualitas air sungai. Menghadapi masalah ini, masyarakat kampung Massoloeang bersama dengan berbagai lembaga dan organisasi lingkungan setempat menginisiasi program edukasi pengolahan sampah dengan tujuan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan.
 
Salah satu tokoh masyarakat setempat, Bapak Sunar, menjelaskan, “Program edukasi ini berfokus pada upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, melakukan pemilahan sampah yang tepat, dan memahami dampak buruk sampah plastik terhadap ekosistem sungai dan kehidupan kita. Dengan pengetahuan dan kesadaran yang lebih tinggi, kami berharap masyarakat akan berubah ke arah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.”
Dalam program edukasi ini, berbagai kegiatan telah dilakukan, antara lain:
  1. Sosialisasi dan Workshop: Mengadakan sosialisasi kepada warga masyarakat dan workshop tentang manajemen sampah yang baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara yang tepat dalam membuang sampah serta pentingnya mendaur ulang dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
  2. Kampanye Pengurangan Plastik: Mengadakan kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menggantinya dengan barang ramah lingkungan, seperti tas belanja kain, botol minum tahan ulang, dan penggunaan kemasan berkelanjutan.
  3. Kegiatan Bersih Sungai: Melakukan kegiatan pembersihan bersama di sepanjang Sungai Pute Rammang-Rammang untuk mengurangi sampah yang telah menumpuk di sungai dan memastikan kebersihan serta kualitas air sungai tetap terjaga.
  4. Kerjasama dengan Pemerintah Daerah: Berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyediakan tempat pembuangan sampah yang teratur dan memastikan adanya program pengolahan sampah yang efektif dan berkelanjutan.
     
Melalui upaya kolaboratif masyarakat dan berbagai pihak terkait, program edukasi pengolahan sampah ini telah berhasil menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang perlunya menjaga kebersihan lingkungan dan pentingnya pengolahan sampah yang baik. Semakin banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam program ini, semakin besar pula harapan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, dan lestari di sepanjang Sungai Pute Rammang-Rammang dan sekitarnya.
 
Dengan adanya komitmen yang kuat dari masyarakat kampung Massoloeang diharapkan bahwa gerakan ini akan berdampak positif jangka panjang bagi lingkungan setempat dan memberikan contoh inspiratif bagi daerah lain dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.