English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Temasek Foundation Specialist Community Action & Leadership Exchange 2023

23 Mar 2023 - 11:33 WITA · PUBLIC RELATION · 1,353

Senin, 20/03/23  berlangsung Gallery Walk dan mini ekspo hasil project TF-Scale di pelataran indoor sport PNUP Kampus 1 Tamalaranre.  Program TF SCALE (Temasek Foundation Specialist Community Action & Leadership Exchange), merupakan kolaborasi  Singapore Polytechnic, Universitas Muhammadiyah Makassar dan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Menghadirkan kolaborasi 20 Mahasiswa SP, 13 mahasiswa UNISMUS dan 7 mahasiswa PNUP.  Tujuan dari kegiatan kolaborasi ini yakni agar para mahasiswa, akademisi juga bersama para petani untuk mencari solusi inovatif berbasis design thinking di kelurahan Bulu’balea Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.

Temasek Foundation Specialists’ Community Action and Leadership Exchange (TF SCALE) berlangsung  selama sepuluh hari,  10 – 21 Maret 2023. dengan kegiatan yang berbeda-beda yaitu Observasi dan wawancara, Ideation, Prototype, Presentasi dan Gallery Walk. Penutupan kegiatan dilaksanakan dengan menampilkan Gallery Walk dan mini ekspo hasil project TF-SCALE di pelataran indoor Sport PNUP Kampus 1 Tamalaranre. 

Hasil karya kolaborasi 3 Perguruan Tinggi ini, disambut antusias oleh mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang, "melihat mereka melakukan presentasi dengan baik kepada kami, meskipun kami mengalami kesulitan dalam hal memahami bahasanya tetapi hal ini membuat saya termotivasi untuk bisa mengembangkan diri saya, jujur mereka terlihat keren dan hasil karya yang mereka presentasikan juga bermanfaat, salah satunya penjelasan mengomsumsi kopi dalam kehidupan sehari-hari." Ucap salah satu pengunjung Gallery Walk.

Menampilkan Hasil karya yang luar biasa, tentunya ada kerja keras dan tantangan dalam prosesnya. 

"untuk disebutkan sebagai kesulitan sepertinya tidak, lebih tepatnya tantangan untuk kami seperti melakukan observasi dalam kondisi hujan, suhu desa buluballea yang terbilang dingin khususnya pada malam hingga pagi hari dan melakukan riset produk yang sekiranya dapat diterima dan diaplikasikan nantinya."ucap Awah Rizki Tanzil Haq Azami merupakan salah satu peserta TF SCALE 2023 menceritakan prosesnya selama mengikuti kegiatan ini.

"Kegiatan ini melatih kami berfikir secara sistematis, teamwork yang baik, serta bekerja secara cepat dan tepat sehingga mampu memperkuat bonding  dan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi kami" tambahnnya menyampaikan kesan dan pesannya dengan bangga.