English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Bangun Kerja Sama Bidang Operator Training Simulator

20 Feb 2019 - 15:17 WITA · 20 Feb 2019 - 15:18 WITA · PUBLIC RELATION · 4,521

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan PT DAS Aviation Training Centre (DATC) bersepakat membangun kerja sama kemitraan jangka panjang untuk bersinergi dalam mendukung daya saing program vokasi PNUP bidang Operator Training Simulator (OTS) pembangkit listrik. Jalinan kerja sama oleh kedua belah pihak tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang acara penandatanganannnya dilakukan langsung oleh Pembantu Direktur I PNUP, Ahmad Zubair Sultan, Ph. D., dan Ikhsan Amin, M, Sc., selaku Direktur Utama PT DATC, Rabu (20/2) bertempat di auditorium jurusan teknik elektro kampus II PNUP.

“Kerja sama yang dibangun antara PNUP dengan PT DATC bertujuan untuk mendukung peningkatan standar mutu pendidikan vokasi di PNUP sehingga nantinya akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing yang dibuktikan melalui surat keterangan pendamping ijazah untuk kompetensi pembangkit listrik”, ujar Ahmad Zubair Sultan, Ph. D. Ditambahkan lagi bahwa melalui kerja sama, PNUP dapat mengetahui perkembangan seputar bidang pembangkit listrik sehingga kurikulum yang dikembangkan oleh PNUP dapat disesuikan dengan kebutuhan pangsa pasar dan dunia kerja yang berkembang.

Menurut Ikhsan Amin, M, Sc., Direktur Utama PT DATC, perusahaan yang dipimpinnya saat ini mengantongi lisensi dari Simgenics Amerika Serikat untuk mengadakan pelatihan di bidang OTS yang merupakan pertama dan satu-satunya pelatihan operator pembangkit yang berbasis simulator di Indonesia. OTS dapat menjadi sarana peningkatan kapasitas engineer dan operator di bidang pembangkit listrik karena telah disediakan fasilitas untuk melakukan familiarisasi dengan prosedur operasi power plant yang terintegrasi. Hal tersebut tentu saja sangat memudahkan pekerjaan terkait pembangkit listrik.

Dalam nota kesepahaman antara PNUP dan PT DATC tertuang sejumlah bentuk kerja sama seperti pelatihan bagi dosen PNUP, penyelenggaran program pelatihan OTS bagi mahasiswa PNUP yang memilih peminatan OTS sebagai kompetensi keahlian, penelitian dan pengembangan perancangan power plant, serta pengembangan laboratorium OTS PNUP. Selain itu PNUP juga akan dikembangkan sebagai lembaga penyelenggara pelatihan OTS untuk wilayah Makassar dan sekitarnya. Acara penandatangan kerja sama diakhiri dengan kuliah umum.