English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Gelar Wisuda, PNUP Luluskan 898 Mahasiswa

09 Dec 2017 - 07:09 WITA · 18 Dec 2017 - 19:02 WITA · INSTITUSI · 2,007

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melalui rapat terbuka luar biasa menggelar acara wisuda ke-31 tahun akademik 2017/2018 guna mewisuda 898 lulusan baru pada Sabtu (9/12). Wisudawan tersebut berasal dari 19 program studi yang terbagi menjadi 556 orang lulusan jenjang diploma tiga dan 342 orang lulusan jenjang sarjana terapan yang meliputi kelas regular dan kelas program pendidikan kerja sama PNUP dengan PT PLN (Persero), PT Trakindo Utama, dan PT Energi Sengkang. Bertempat di Baruga A. P. Pettarani Unhas, prosesi wisuda dilakukan melalui rapat terbuka luar biasa yang dihadiri oleh Direktur Utama PT Semen Tonasa, Bupati Bone, para pimpinan mitra kerja perusahaan, dewan penyantun, seluruh anggota senat PNUP, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PNUP, orang tua wisudawan, serta para tamu undangan.

Saat ini, pendidikan vokasi tengah dikembangkan untuk link and match dengan dunia industri. Sebagai pendidikan yang berbasis vokasi atau keahlian terapan, semua program studi yang diterapkan di PNUP diarahkan kepada relevansi dengan kebutuhan industri ataupun sektor riil lainnya sehingga lulusan yang diwisuda hari ini bersifat siap pakai dan bisa segera diserap dunia kerja. Setiap lulusan harus memiliki hard skills berupa ilmu pengetahuan dan teknologi serta soft skills yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja secara mandiri, kemampuan berlogika, dan kemampuan analisis yang memadai sehingga memiliki kemampuan andal sebagai pencipta kerja (job creator) dan bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker)”, demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., Direktur PNUP, saat menyampaikan pidato di hadapan wisudawan. Ditambahkan lagi bahwa dalam menghadapi pasar bebas tenaga kerja, lulusan PNUP telah dibekali kompetensi profesi di bidang keilmuan masing-masing. Hal tersebut dilakukan mengingat PNUP selama ini dikenal selalu menyediakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Kompetensi setiap lulusan dipandang sangat perlu sebab merupakan akumulasi kemampuan lulusan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan berdasarkan keahlian yang dimilikinya secara terukur melalui sejumlah asesmen tertentu dan terstruktur yang meliputi aspek kemandirian serta tanggung jawab pada bidang kerja dan keahliannya.

Di kesempatan yang sama, Subhan, S.E. Ak., selaku Direktur Utama PT Semen Tonasa dalam orasi ilmiahnya menyampaikan bahwa lulusan dari perguruan tinggi vokasi dijamin sesuai kebutuhan industri yang berkembang dewasa ini karena dalam kurikulumnya, pendidikan vokasi memberi porsi lebih besar untuk praktek ketimbang teori. Pendidikan vokasi juga bisa menekan angka pengangguran terdidik. Di mana, lulusan pendidikan vokasi yang sudah siap pakai, sangat dibutuhkan oleh industri sehingga lulusan pendidikan vokasi bisa lebih cepat dapat pekerjaan karena sudah siap pakai dan sudah memiliki bekal keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Dalam pelaksanaan tugas yang berujung menghasilkan lulusan ini, PNUP telah menjalin dan mendapatkan kesediaan kerja sama dan bantuan berbagai pihak yang menjadi perusahaan mitra PNUP. Sejumlah perusahaan besar baik yang berskala internasional maupun nasional telah mempercayakan proses rekruitmennya ditangani oleh PNUP. Hal tersebut tentunya memberikan manfaat besar kepada para wisudawan dalam hal pemberdayaan lulusan PNUP untuk direkrut menjadi tenaga handal yang profesional.

Seperti tahun sebelumnya, wisuda ke-31 kali ini PNUP melakukan serah terima lulusan kepada tiga mitra kerja dimana para lulusan tersebut siap bekerja dan berkarya sesuai disiplin ilmu masing-masing. Direktur PNUP melakukan serah terima sebanyak 25 lulusan kelas kerjasama D3 Teknik Listrik PT PLN (Persero ) angkatan kelima yang siap ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia, 24 lulusan kelas kerjasama D3 Teknik Otomotif konsentrasi teknik alat berat PT Trakindo Utama, dan 2 lulusan kelas kerjasama PT Energi Sengkang. Dari 898 lulusan PNUP yang diwisuda, terdapat 19 wisudawan terbaik dari setiap program studi dengan nilai rata-rata komulatif sebesar 3,8.

Adapun daftar nama wisudawan terbaik PNUP tahun akademik 2017/2018:

  1. Andi Ulil Amri Ungaputra - D3 Teknik Konstruksi Gedung
  2. Fitriani - D3 Teknik Konstruksi Sipil
  3. Ahmad Muhadi - S1 Terapan Jasa Konstruksi
  4. Muh. Nursyam - D3 Teknik Listrik
  5. Ilham, R.S. - D3 Teknik Telekomunikasi
  6. Hajjar Fajriahani - D3 Teknik Elektronika
  7. Nurrahmat - S1 Terapan Teknik Listrik
  8. Pulung Hendro Prastyo - S1 Terapan Teknik Komputer Jaringan
  9. Dewi Ariska Pratiwi - D3 Teknik Kimia
  10. Putri Erna Saing - S1 Terapan Teknologi Kimia Industri
  11. Haerul Latif - D3 Teknik Mesin
  12. Asriani - D3 Teknik Konversi Energi
  13. Noor Wahyudi - D3 Teknik Otomotif
  14. Muh. Ichsan - S1 Terapan Teknik Pembangkit Energi
  15. Andi Baso - S1 Terapan Teknik Manufaktur
  16. Masna Ismail - D3 Administrasi Bisnis
  17. Aida Wulandari - S1 Terapan Administrasi Bisnis
  18. Andi Selvi Anggereni - D3 Akuntansi
  19. Nur Azisah Rachman - S1 Terapan Akuntansi Manajerial .