English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

KKN Profesi D4 TRKB: Penerapan Ilmu Kimia untuk Kemajuan Desa Manimbahoi dan Majannang

07 Jul 2024 - 08:19 WITA · 07 Jul 2024 - 16:26 WITA · PUBLIC RELATION · 342

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi merupakan bagian dari Proses Belajar Mengajar (PBM) bagi mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan (D4 TRKB) di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Program ini adalah implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dengan menerapkan keilmuan rekayasa kimia di masyarakat, khususnya dalam pengelolaan hasil bumi, sampah, pariwisata, dan edukasi untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

"Sebelum mahasiswa melaksanakan KKN-P, mereka harus memahami situasi di Desa Manimbahoi dan Desa Majannang di Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan," ucap Yuliani HR yang juga memimpin Tim KKN-P. 

Lebih lanjut, Ketua Program Studi D4 TRKB ini menjelaskan bahwa hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat mengenali potensi dan keadaan kedua desa tersebut, sehingga program kerja yang direncanakan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Peninjauan lokasi ini melibatkan dosen, mahasiswa perwakilan dari tiap kelompok, serta kakak pendamping, sehingga tujuan dan target program dapat disusun dan dibahas langsung dengan aparat desa. Menurut Nuh Jufri Sibali (Kadus Longka) dari Desa Majannang dan Pak Kamaruddin (Kadus Manimbahoi), mereka sangat mendukung sistem KKN-P D4 TRKB ini, mulai dari penjajakan kerjasama, pelaksanaan pengabdian, hingga analisis situasi oleh mahasiswa.

Ketua PKK Desa Manimbahoi, Bu Nurmin, juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini. Muhammad Rafli Yudding, mahasiswa D4 TRKB, menjelaskan bahwa hasil kunjungan di dua desa tersebut dituangkan ke dalam empat kategori program kerja KKN-P, yaitu:

  1. Pengolahan Produk (Tomat, Sekam Padi, dan Minyak Jelantah)
  2. Pemberdayaan Ekonomi (Pelatihan Kewirausahaan)
  3. Ekowisata (Keindahan Alam dan Produk Lokal yang Bersinergi dengan Wirausaha)
  4. Pemenuhan Gizi (Produk berbahan Buncis dan Kelor sebagai sumber protein bagi ibu hamil dan anak stunting)

Program lain yang dijalankan oleh Muhammad Fadil Mufli dan Dewi Pratiwi mencakup diversifikasi pangan dan pengolahan residu hasil pertanian menjadi briket dan pakan ternak.

Dosen pendamping, Jean Dewi Damayanti dan Dian Ranggina, berharap kehadiran mahasiswa D4 TRKB pada KKN-P di Desa Majannang dan Manimbahoi memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak, serta berkontribusi dalam pengelolaan hasil bumi, alam, pengembangan sumber daya manusia, dan membuka usaha baru melalui BUMDES. Pada kunjungan awal ini, program terkait keagamaan berupa aktivitas lomba keagamaan juga diterapkan, diarahkan oleh dosen pembimbing Nurbaeti.

Rustam, mewakili kakak pendamping sebanyak 12 orang, menyatakan bahwa berbagai potensi yang ada di kedua desa diharapkan dapat memberikan dampak positif yang besar melalui kegiatan KKN mahasiswa D4 TRKB, sehingga dapat meningkatkan kualitas desa serta keterampilan dan ekonomi masyarakat. (HumasPNUP/TK)