English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tim Pengabdian Jurusan Administrasi Niaga PNUP Bantu UMKM N'Cenga Cake Naik Kelas

07 Jul 2024 - 01:49 WITA · 07 Jul 2024 - 09:51 WITA · PUBLIC RELATION · 168

Dalam rangka membantu pelaku UMKM naik kelas di tengah tantangan ekonomi yang semakin sulit, tim pengabdian Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada Sabtu, 6 Juli 2024. Kegiatan ini bekerja sama dengan N'Cenga Cake, usaha olahan beras yang dirintis oleh Ibu Sri Annisa di Kecamatan Manggala, Makassar.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melaksanakan salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bisnis bagi pemilik N'Cenga Cake, Ibu Sri Annisa Indah Lestari.

Acara dibuka oleh Dr. Sumatriani, S.E., M.Si., Ak., selaku ketua tim pengabdian. Dalam sambutannya, Dr. Sumatriani mendorong para pelaku UMKM untuk terus belajar dan pantang menyerah di tengah situasi ekonomi yang sulit. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu Sri Annisa atas kesediaannya menjadi mitra pengabdian dosen Jurusan Administrasi Niaga PNUP.

Kegiatan pengabdian ini menghadirkan beberapa materi, antara lain: Membuat Pembukuan Keuangan oleh Dr. Sumatriani, S.E., M.Si., Ak., Praktik Instagram Bisnis oleh Ahmadi Usman, S.E., M.App.I&E., Surat Bisnis oleh Dra. Asima, M.Si. Selain ketiga dosen tersebut, dua dosen lainnya, Adam Rasid, S.Sos, M.Si., dan Andi Yahya, S.Sos, M.Si., turut hadir sebagai anggota tim pengabdian. Dua mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga PNUP juga terlibat dalam kegiatan ini.

Selama sesi pemberian materi, para peserta terlihat antusias dan aktif dalam memberikan pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat membutuhkan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan pengelolaan bisnis mereka.

Tim pengabdian Jurusan Administrasi Niaga PNUP berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi N'Cenga Cake dan membantu usaha ini untuk naik kelas ke level yang lebih tinggi. (HumasPNUP/AN)