English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kaji Energi Baru Terbarukan, Mahasiswa Mesin PNUP Undang PTN-PTS Hadiri "Machine Day" : Ini Jadwalnya!

06 Jul 2024 - 03:27 WITA · PUBLIC RELATION · 184

Machine Day adalah sebuah payung kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (HMM-PNUP) dan juga kelompok keahlian lain seperti  manufaktur, perawatan alat berat, otomotif, mesin, energi, mekatronika dan rekayasa energi terbarukan berkolaborasi dengan entitas pemerhati, pengamat, alumni dan civitas akademika serta komunitas Energi Baru Terbarukan (EBT).

Kegiatan Machine Day dipusatkan di aula lantai 3 kampus I PNUP, Tamalanrea, Makassar, 9 Juli 2024 mendatang.

Panitia menyiapkan fasilitas e-sertifikat, snack box dan pendaftaran secara gratis serta terbuka untuk umum. Bagi peserta yang berminat silahkan mendaftar melalui link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSds9psdzG4_0BegBbeu0utl8Zn-6EClWwd-0vN69DqDySrpsg/viewform?usp=pp_url

Machine Day 2024 mengangkat tema "akselerasi pemanfaatan energi terbarukan untuk transisi energi" lahir sebagai kegiatan mahasiswa dan menjadi landasan kegiatan serupa di tahun mendatang. 

Dalam Machine Day tahun ini terdapat topik yang akan digarap antara lain :

1. Mengenal Energi Baru dan Terbarukan, jenis dan perbedaan energi konvensional 
2. Indonesia pada masa transisi, SDE, dan ketergantungan bahan bakar fosil
3. Urgensi transisi energi dan perubahan iklim
4. Peran masyarakat dalam menunjang transisi dan adopsi teknologi ramah lingkungan 

Ketua Jurusan Teknik Mesin, Dr Ir Syaharuddin Rasyid MT mengapresiasi kegiatan Machine Day sebagai wadah menyerap informasi dan perkembangan EBT di Indonesia.

"Kita dukung penuh kegiatan ini". Harapnya 

Ketua HMM-PNUP, Muhammad Fajrulmubarak Anshar berharap kegiatan ini menjadi sarana bagi para mahasiswa, alumni, pemerhati dan civitas akademika untuk menambah pengetahuan tentang energi baru dan terbarukan (EBT).

"Manfaatnya sebagai referensi mengenal EBT terhadap pembangunan di era teknologi digital dan ramah lingkungan". Ucapnya kepada media, Sabtu, 6 Juli 2024.

Mahasiswa prodi pembangkit energi angkatan 2021 ini telah mengundang civitas akademika dan alumni PNUP, Departemen Mesin dari UNHAS, UNM, UNIFA, UMI, UKIP, UIM, UPRI, UAJ-M, Politeknik Bosowa, Poltek ATIM dan beberapa perusahaan dan komunitas yang konsen dalam EBT.

Koordinator Team Work HMM, Muh Sadly Sannang berharap penyelenggaraan machine day tahun ini mampu mengelaborasi 3 unsur yang terkait di bidang pendidikan (triple helix) yaitu akademika, Business dan Community.

"Kita hadirkan Prof Suryanto dari PNUP dan Ridwan Purnomo dari PT Semen Tonasa sebagai pemateri". Beber mahasiswa manufaktur angkatan 2022 ini.

Berikut rundown (acara) Machine Day, Selasa, 9 Juli 2024

- Registrasi 
- Pembukaan MC
- Lagu Indonesia Raya
- Mars Mesin
- Laporan Koordinator Teamwork 
- Sambutan Ketua Umum HMM-PNUP 
- Sambutan Ketua Dewan HMM-PNUP
- Sambutan Ketua IKA TM
- Sambutan Pembina Kemahasiswaan HMM-PNUP 
- Sambutan Kajur TM
- Sambutan Direktur PNUP 
- Coffee Break
- Materi Prof Ir Suryanto MSc PhD
- Materi Ridwan Purnomo ST MM
- Q & A
- Foto Bersama/Selesai