English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Sukseskan Seminar PTV di Makassar : Kolaborasi Riset Model Pentahelix Kuatkan Industri KTI

31 May 2024 - 09:58 WITA · PUBLIC RELATION · 349

Bangsa yang merdeka dan berdaulat harus mandiri dalam menghasilkan riset dan inovasi. Kolaborasi antar sektor merupakan jalan pembuka untuk menghilangkan sekat-sekat kelembagaan yang selama ini menjadi penyebab terhambatnya kerjasama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Kawasan  Timur Indonesia (KTI).

Pemerintah Indonesia terus mendorong dan mewujudkan pemerataan ekonomi di KTI, sehingga dibutuhkan kolaborasi antar sektor termasuk perguruan tinggi menjadi penentu keberhasilan tersebut.

Menggunakan model Pentahelix untuk kolaborasi 5 unsur yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan publikasi media.

Secara panel pemateri dalam seminar nasional kali ini menghadirkan Husain SPd MPd selaku Analisis Kebijakan Madya Bappelitbangda Sulsel serta Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI) Dr Ing Ahmad Taqwa MT.

"Kolaborasi tercermin dari kegiatan riset terapan yang di lakukan dengan model Pentahelix". Ungkap Husain  

"Selain itu, kerjasama antar lembaga kerekayasaan dengan sosial humaniora pada proses penelitian menjadi hal sangat penting". Tutup Ahmad Taqwa Direktur Polsri Palembang ini 

Direktur PNUP, Ilyas Mansur dalam sambutannya berharap ada keseriusan dan kerjasama yang kuat antar lembaga dan sektor industri.

"Poinnya adalah kerjasama". Ucapnya saat membuka acara di Aula lantai 3 PNUP, Kamis, 30 Mei 2024.

Seminar nasional yang diprakarsai pimpinan PTV menghadirkan pembicara dan peserta dari badan dan lembaga riset perguruan tinggi negeri dan pemerintah dalam menemukan formula riset inovasi kerekayasaan dan humaniora dalam memperkuat industrialisasi.

"Proses penelitian menjadi hal sangat penting". Ucap Dr Eng Abdul Kadir Muhammad selaku panitia pelaksana

Turut serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) PTV melakukan konsolidasi program kerja dalam mengevaluasi dan membantu tugas suami sebagai pimpinan dan manajerial institusi menyiapkan generasi muda yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

"DPW PTV hadir di Makassar untuk evaluasi program kerja". Ucap Hj Murniaty Ilyas selaku ketua DWP PNUP

Kegiatan Direktur Politeknik/Politani/akademik komunitas yang tergabung dalam PTV berlangsung selama dua hari yakni 30-31 Mei 2024.