English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

KKN Profesi Jurusan Teknik Kimia PNUP Menghasilkan Produk Ramah Lingkungan di Kab. Sinjai

09 Feb 2024 - 08:44 WITA · 09 Feb 2024 - 17:35 WITA · PUBLIC RELATION · 239

Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKN-P) PNUP Jurusan Teknik Kimia wilayah Kabupaten Sinjai telah berhasil melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk memanfaatkan limbah sebagai bahan baku untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan, sekaligus memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

Selama periode pelaksanaan dari tanggal 20 Januari hingga 7 Februari 2024, keempat program ini telah dijalankan dengan sukses, menunjukkan dedikasi dan kreativitas mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang mereka pelajari di perkuliahan.

Dalam proses pembuatan produk seperti pestisida nabati, briket, ecobrik, dan VCO (Virgin Coconut Oil), mahasiswa KKN-P PNUP Jurusan Teknik Kimia Wilayah Kabupaten Sinjai telah berhasil mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki. Ini adalah langkah nyata dalam mendukung pemanfaatan energi terbarukan dan pemanfaatan limbah yang efektif.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat dalam kegiatan KKN-P PNUP, khususnya kepada Politeknik Negeri Ujung Pandang, pemerintah setempat, serta masyarakat Kabupaten Sinjai.

Dalam rangkaian kegiatan selama 20 hari, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia PNUP melakukan berbagai kegiatan, antara lain:

  1. Penyuluhan tentang pestisida nabati dan pupuk organik cair di kantor BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Sinjai Utara, dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Ketua BPP dan GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) setempat.
  2. Penyuluhan tentang klasifikasi sampah dan pemanfaatannya, serta pembuatan ecobrik dari sampah plastik di MTsN 1 Sinjai dan SDN 152 Cemmeng.
  3. Penyuluhan pembuatan pestisida nabati dan briket di Kelompok Wanita Tani lingkungan Lempakomai, Kelurahan Lamatti Rilau.
  4. Penyuluhan pembuatan briket dan VCO (Virgin Coconut Oil) di aula Kelurahan Bongki, dihadiri oleh pemerintah setempat.

Semua kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dan mengedukasi mereka tentang pentingnya pemanfaatan sumber daya secara efektif dan ramah lingkungan.

Dosen Pembimbing
1. Ibu Dr. Ridhawati Thahir, S.T., M.T. Kelurahan Lamatti Rilau
2. Ibu Jeanne Dewi Damayanti, S.T., M. Sc. Kelurahan Bongki
3. Ibu Dian Ranggina, M.T. Kelurahan Biringere
4. Bapak Muhammad Saleh, S.T., M.Si. Kelurahan Alehanuae