English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pelepasan Mahasiswa Program PMM Batch 4 Semester Genap 2023/2024 di PNUP

26 Jan 2024 - 11:56 WITA · 26 Jan 2024 - 20:40 WITA · PUBLIC RELATION · 617

Makassar - Pada Jumat, 26 Januari 2024, PNUP secara resmi menggelar acara Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 untuk Semester Genap 2023/2024. Acara berlangsung di Ruang Rapat AD lt 1 Kampus 1 PNUP. Sebelumnya, peserta PMM Batch 4 telah mengikuti pembekalan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 22 hingga 24 Januari 2024.

Wakil Direktur II PNUP, Dr. Jamal, ST.,MT, yang mewakili Direktur, memberikan sambutan dan melepas mahasiswa PMM Batch 4. Acara juga dihadiri oleh beberapa kepala program studi dan koordinator PMM outbound, menegaskan komitmen PNUP terhadap kelancaran proses penyetaraan dan penilaian, sesuai dengan aturan internal PNUP.

Menurut laporan koordinator PMM PNUP, terjadi peningkatan jumlah pendaftar PMM Batch 4 menjadi 127 orang dibandingkan 90 orang pada periode sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 36 mahasiswa diterima, mengalami peningkatan dari 15 orang pada PMM Batch 3. Meskipun ada peserta yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan dan masalah keluarga, namun antusiasme mahasiswa terhadap program ini semakin meningkat.

Peserta PMM Batch 4 berasal dari berbagai program studi, dengan prodi TKJ (Teknik Komputer Jaringan) menjadi yang terbanyak dengan 9 orang, diikuti oleh prodi D4 Administrasi Bisnis (8 orang), prodi D4 Jasa Konstruksi (4 orang), prodi D4 Mekatronika (3 orang), dan beberapa prodi lainnya.

Wakil Direktur II menekankan bahwa proses penyetaraan nilai akan dilaksanakan sesuai aturan internal PNUP, dan memberi jaminan penyetaraan nilai oleh dosen pembimbing dengan syarat mahasiswa melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan koordinator program studi terkait rencana matakuliah yang akan diambil di perguruan tinggi tujuan.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Melalui PMM, mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman belajar di berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, sambil merasakan pembelajaran antarbudaya.

Wakil Direktur II juga mengingatkan mahasiswa agar memegang peranan sebagai duta kampus PNUP, tidak hanya sebagai representasi kampus di tempat tujuan, tetapi juga membawa budaya akademik dari kampus ternama di seluruh Indonesia ke lingkungan kampus PNUP. Semoga melalui pengalaman ini, mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan, menjaga nama baik PNUP, serta menjadi bagian dari memperkenalkan PNUP ke daerah lain.