English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Program SNPMB 2024 Resmi Dilaunching, Perubahan Signifikan dalam Seleksi Mahasiswa Baru

08 Dec 2023 - 15:46 WITA · PUBLIC RELATION · 942

Bandung, 8 Desember 2023 - Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Materi dan Promosi Pelaksanaan SNPMB untuk para Humas Perguruan Tinggi Negeri. Acara ini berlangsung di Bandung, pada tanggal 5-7 Desember 2023, diikuti oleh 148 peserta yang diundang oleh panitia SNPMB.

Salah satu narasumber pada pertemuan tersebut adalah Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie dari Universitas Airlangga. Dalam penyampaiannya, Prof. Tjitjik menyampaikan beberapa perubahan signifikan pada model SNPMB 2024. Salah satu perubahan terkait dengan aturan baru yang melibatkan siswa yang lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Mereka yang telah lulus SNBP tidak akan bisa mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Menurut Prof. Tjitjik, perubahan ini berkaitan dengan adanya revisi Permendikbudristek No. 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Tujuannya adalah memberikan kesempatan setara untuk calon mahasiswa D3 dan D4/S1.

Penting untuk dicatat bahwa SNPMB tahun ini juga melibatkan perluasan partisipasi ujian, mencakup program vokasi, program seni/humaniora, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Meskipun pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tetap di 74 PTN, pusat UTBK Tunanetra tersebar di 51 PTN.

Selama pertemuan, Humas PTN memberikan masukan berharga, termasuk tantangan teknis seperti gangguan tahunan pada kabel fiber optik di beberapa wilayah, terutama di Papua, yang menyebabkan gangguan internet di perguruan tinggi setempat. Selain itu, ada juga saran untuk menyelaraskan pengumuman mahasiswa baru dengan mahasiswa yang lulus KIP-Kuliah.

Kepala Humas Universitas Negeri Medan menyoroti masalah mahasiswa yang lulus SNBP namun menghadapi kendala finansial. "Ada ratusan mahasiswa yang lulus SNBP, tetapi tidak dapat melanjutkan kuliah karena berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Kami berharap ada solusi yang mempertimbangkan aspek keuangan ini," ungkapnya.

Di sesi lain, Kepala Humas Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya, mendorong untuk memperluas bank sponsor dalam pendaftaran SNPMB. "Kami berharap agar Bank Aceh Syariah (BAS) dapat menjadi bank sponsor untuk memfasilitasi pendaftaran calon mahasiswa baru dari Nanggroe Aceh," pungkasnya.

Dengan dilaunchingnya SNPMB 2024, diharapkan perubahan ini akan memberikan peluang lebih luas bagi calon mahasiswa dan mendukung terciptanya seleksi yang lebih adil dan efektif dalam mewujudkan generasi penerus berkualitas.