English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kepala P3MP PNUP Berhasil Lolos Seleksi Program VALERIA untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi

08 Dec 2023 - 11:32 WITA · PUBLIC RELATION · 634

Kepala Pusat Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan (P3MP) PNUP, berhasil meraih kelolosan dalam seleksi Program Vocational Higher Education Transformation in Indonesia (VALERIA). Kegiatan ini merupakan langkah menuju peningkatan kualitas perguruan tinggi vokasi (PTV). Fase pertama pelaksanaan VALERIA berlangsung di Tangerang Selatan, pada tanggal 3-7 Desember 2023.

Inisiatif VALERIA diselenggarakan oleh Politeknik Caltex Riau (PCR) bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Jaya, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perguruan tinggi vokasi dan mengakselerasi mutu PTV Indonesia.

Program VALERIA merupakan bagian dari implementasi program DIES National Multiplication Training (NMT) 2023-2024 yang dikoordinasikan bersama Center of Quality Development (ZfQ) University of Potsdam, Jerman. Kegiatan ini muncul sebagai respons terhadap ketidakmerataan kualitas perguruan tinggi vokasi di Indonesia, yang dinilai dari aspek-aspek seperti akreditasi, kualitas pembelajaran, pendanaan, dan elemen lain yang menentukan kualitas perguruan tinggi.

Pentingnya peningkatan kualitas kepemimpinan di perguruan tinggi vokasi menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan VALERIA. Program ini, yang kini memasuki tahun kedua, memberikan wadah bagi pimpinan PTV untuk mempelajari praktik kepemimpinan terbaik dari berbagai perguruan tinggi. Selain itu, mereka dapat berbagi isu dan tantangan dalam pengelolaan perguruan tinggi vokasi, serta mencari solusi melalui diskusi kolaboratif dan lingkungan pelatihan yang reflektif.

Pelaksanaan fase kedua VALERIA dijadwalkan pada 26-30 Mei 2024 di Pekanbaru. Pada fase ini, 24 peserta terpilih dari 23 PTV akan berpartisipasi, mewakili berbagai provinsi di Indonesia dari Aceh hingga Sulawesi Tenggara. Sebelumnya, seleksi ketat dilakukan dengan 109 pimpinan tertarik dari 59 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Kegiatan VALERIA didukung oleh para ahli dalam pengelolaan perguruan tinggi, seperti Prof. Peter Mayer dari University of Osnabruck, Jerman, dan Leenawaty Limantara, Ph.D. dari Universitas Kristen Petra, Surabaya. Selain itu, seminar ini juga menampilkan narasumber seperti Prof. Mochammad Ashari (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya), Prof. Hendriko dari Majelis Akreditasi BAN-PT, dan Bakti Abdillah dari Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

Peserta VALERIA mendapatkan berbagai workshop tentang kepemimpinan dan manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, jaminan kualitas, manajemen proyek, branding, serta strategi manajemen fakultas.

Guido Schnieders, Director of the DAAD Regional Office Jakarta, yang terlibat dalam kegiatan ini, menyatakan apresiasinya terhadap dukungan DAAD untuk pengembangan pendidikan di Indonesia. Dia menekankan bahwa program ini adalah wujud konkret dari kerja sama erat antara Jerman dan Indonesia. Schnieders juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program ERICA pada tahun 2021-2022 yang berhasil dilaksanakan dan ditujukan kepada pimpinan Politeknik Swasta di Indonesia.