English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

MONEV PSKK oleh Tim BNSP di LSP PNUP

06 Dec 2023 - 00:47 WITA · PUBLIC RELATION · 460

Lembaga Sertifikasi Profesi PNUP – Selasa, 5 Desember 2023, Lembaga Sertifikasi Profesi Politeknik Negeri Ujung Pandang (LSP PNUP) menerima kunjungan dari tim Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kontrak kerja antara PNUP dan BNSP dalam mendukung pendanaan program PSKK untuk 100 mahasiswa yang dibagi dalam 5 skema uji sertifikasi.

Dalam kegiatan ini, hadir Bapak Sugiyantoro dan Bapak Ida Bagus Komang A. sebagai tim monitoring dari BNSP. Tujuan dari monitoring dan evaluasi ini adalah untuk mengukur keberhasilan program PSKK dan mengidentifikasi berkas administrasi yang perlu diperbaiki dalam implementasinya.

Program PSKK, yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia, bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan daya saing di pasar kerja yang semakin kompetitif. Dengan berfokus pada peningkatan kualitas tenaga kerja, program ini memastikan bahwa mereka memenuhi standar yang ditetapkan oleh BNSP.

Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan beberapa pencapaian positif yang telah dicapai melalui program PSKK:

1. Penyediaan Sertifikasi Kompetensi yang Lebih Luas: Tim program PSKK berhasil menyusun dan mengimplementasikan sertifikasi kompetensi kerja untuk berbagai sektor dan bidang pekerjaan.

2. Peningkatan Partisipasi Tenaga Kerja: Melalui upaya pemasaran dan sosialisasi yang efektif, program PSKK berhasil meningkatkan partisipasi tenaga kerja dalam proses sertifikasi. Ini menciptakan kesadaran lebih banyak individu tentang pentingnya sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan peluang karir mereka, menghasilkan tenaga kerja yang lebih terampil dan berkualitas.

Meskipun terdapat pencapaian membanggakan, monitoring dan evaluasi juga mengidentifikasi beberapa area yang perlu perhatian dalam perbaikan program:

1. Peningkatan Kualitas Administrasi: Penting untuk memastikan bahwa berkas administrasi sesuai dengan pedoman yang telah diterbitkan oleh BNSP.

2. Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja: Semua pengurus LSP harus memahami SOP sertifikasi dan tetap up-to-date mengenai informasi terbaru di website bnsp.go.id.

Monitoring dan evaluasi yang dilakukan pada tanggal 5 Desember 2023 membuktikan bahwa Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi kerja di Indonesia. Dengan perbaikan berkelanjutan berdasarkan temuan monitoring dan evaluasi, diharapkan program ini akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan tenaga kerja yang lebih berkualitas dan kompetitif di masa depan.