English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pameran PBL-CFV PNUP 2023: 70 Proyek Inovatif Dipresentasikan oleh Program TRJT

06 Dec 2023 - 00:39 WITA · PUBLIC RELATION · 551

Makassar - Program Competitive Fund Vokasi (CFV), yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja institusi pendidikan tinggi, menjadi sorotan utama dalam Expo Project Based Learning (PBL) yang diadakan oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Program-program yang mendapat perhatian khusus adalah Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) dan Teknik Pembangkit Energi (TPE). Acara ini memamerkan 70 proyek PBL, menekankan komitmen PNUP terhadap peningkatan tata kelola, kemitraan, inovasi, dan pembangunan kampus mandiri untuk mendorong transformasi pendidikan vokasi.

PNUP, yang didorong oleh visinya untuk menjadi institusi vokasi terkemuka di Indonesia dengan daya saing global, secara strategis menyelaraskan diri dengan program CFV 2023. Institusi ini memvisualisasikan dirinya sebagai pusat keunggulan dalam pendidikan vokasi, penelitian, pelayanan masyarakat, dan kegiatan pendukung lainnya, dengan fokus khusus pada kompetensi dalam dunia profesional.

Pameran PBL, bertema "Menjadikan PNUP sebagai Pusat Pengembangan Teknologi Jaringan Telekomunikasi yang Unggul di Indonesia Timur," menampilkan program TRJT dengan mencolok. Proyek-proyek yang dipamerkan menyoroti kolaborasi inovatif mahasiswa dalam berbagai usaha. Mulai dari teknologi jaringan serat optik, aplikasi berbasis Android, teknologi Radio Frequency (RF), Komunikasi Seluler, teknologi VSAT dan Satelit, Internet of Things (IoT), hingga Jaringan Komputer, proyek-proyek ini mencerminkan gabungan kreativitas dan solusi teknologi terkini.

Acara ini, yang diselenggarakan pada 4 Desember 2023, membawa bersama sekitar 70 tim PBL TRJT, dipilih melalui proses evaluasi internal yang ketat oleh tim CFV PNUP.

Selain proyek PBL, Expo ini menyambut mitra industri dan siswa-siswi SMK/SMA/MAN dari berbagai tempat di Makassar. Partisipasi mereka dalam interaksi dengan para mahasiswa yang mempresentasikan proyek PBL-nya memberikan peluang unik untuk pertukaran pengetahuan. Panitia penyelenggara memperkenalkan kuesioner untuk mengumpulkan umpan balik dan saran terkait pengembangan PBL di masa mendatang.

Dr. Sirmayanti, PhD, Koordinator program TRJT dan Kepala Task Force CFV TRJT, menekankan bahwa Expo ini tidak hanya memamerkan proyek-proyek inovatif tetapi juga mengungkap evolusi pembelajaran mahasiswa vokasi. Beliau menekankan bahwa pendidikan vokasi saat ini melibatkan lebih dari sekadar kuliah teori dan eksperimen laboratorium dengan aplikasi minim di dunia nyata. PBL, seperti yang dicontohkan dalam Expo ini, muncul sebagai opsi yang layak untuk menyambungkan kesenjangan antara pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis, mendorong pemikiran kritis dan kreatif mahasiswa dalam mengatasi tantangan dunia nyata secara efektif.