English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Meningkatkan Wawasan: Mahasiswa Administrasi Bisnis PNUP Menjelajahi Harapan Brands (Pabrik Pipa)

02 Dec 2023 - 06:32 WITA · 02 Dec 2023 - 06:57 WITA · PUBLIC RELATION · 395

Maros, 24 November 2023 - Sejumlah mahasiswa dari Program Studi D4 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah melaksanakan kunjungan industri ke Harapan Brands, sebuah holding brand yang mengelola berbagai merek bahan bangunan di PT Harapan Jaya Multi Bisnis. Pabrik ini, yang juga merupakan produsen pipa terbesar di Indonesia Timur, berlokasi di Jln. Pattene 88, Cluster Green River No.1, Maros, Sulawesi Selatan.

 

Sejak berdiri pada tahun 1996, Harapan Brands telah menjelma menjadi pemimpin industri dengan 5 kategori produk, 8 merek terkemuka, dan ribuan produk bahan bangunan yang dihasilkan. Dalam kunjungan yang diadakan pada hari ini, mahasiswa diterima dengan hangat oleh Ibu Septiana (Manager Marketing) dan Bapak Kusumo Romadhona (Sales Manager). Acara ini semakin istimewa karena turut dipandu oleh Managing Director Harapan Brands, Bapak Kurniawan Tanjung, yang memandu mahasiswa menjelajahi setiap bagian pabrik, termasuk area produksi, gudang, laboratorium, dan kantor perusahaan.

 

Para mahasiswa menunjukkan antusiasme tinggi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan kepada perwakilan perusahaan. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mendokumentasikan momen berharga selama kunjungan melalui foto dan video.

 

Dosen pendamping, Dian Gita Utami, S.T., M.A.B., menyatakan, "Kunjungan ini merupakan bagian integral dari proses pembelajaran mahasiswa yang bertujuan untuk menghubungkan konsep-konsep teoritis dengan praktik di dunia industri. Harapan Brands memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana manajemen bisnis yang baik dapat menjadi pilar kesuksesan suatu perusahaan."

 

Setelah kembali ke kampus, mahasiswa membawa pulang pengalaman berharga yang sejalan dengan pendidikan vokasi di PNUP. Pengalaman langsung di lapangan ini dianggap sebagai bekal utama bagi lulusan yang siap terjun ke dunia kerja, mempersiapkan mereka dengan pengetahuan praktis yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis yang kompetitif.