English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Sukses Melakukan Peningkatan Pengakuan Kompetensi Terkini

30 Nov 2023 - 10:55 WITA · PUBLIC RELATION · 505

Makassar, 30 November 2023 - Lembaga Sertifikasi Profesi Politeknik Negeri Ujung Pandang baru-baru ini berhasil menyelesaikan program Peningkatan Pengakuan Kompetensi Terkini (Recognition Current Competency/RCC), dengan fokus khusus pada perpanjangan sertifikasi kompetensi bagi Asesor pengembangan Materi Uji Kompetensi (MUK) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK). Acara komprehensif ini dilaksanakan di Dalton Hotel & Convention, Makassar.

Institut Sertifikasi PNUP menyelenggarakan program pembaruan RCC untuk para asesor kompetensi. Sertifikat asesor kompetensi yang dimiliki oleh para profesional di PNUP memiliki masa berlaku tiga tahun. Ketika masa berlaku habis, para asesor diwajibkan untuk mengajukan perpanjangan sertifikat melalui mekanisme RCC, sebagaimana yang ditetapkan oleh proses Peningkatan Pengakuan Kompetensi Terkini. Ini melibatkan pengajuan formal kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang, Bapak Ir. Ilyas Mansur, M.T. Acara berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 27 hingga 28 November 2023, melibatkan partisipasi 46 dosen PNUP, yang dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok diuji oleh dua Master Asesor.

Tujuan utama dari program Recognition Current Competency (RCC) adalah memperpanjang masa berlaku sertifikat kompetensi asesor. Selain itu, program ini bertujuan untuk menerapkan alat penilaian terbaru pada tahun 2023, sejalan dengan petunjuk dari BNSP. Peserta program RCC diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kebijakan sistem sertifikasi kompetensi, merencanakan kegiatan dan proses penilaian, memberikan kontribusi dalam validasi penilaian, melaksanakan penilaian, dan mengakses kompetensi.

Inisiatif ini menegaskan komitmen Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk menjaga standar tertinggi dalam penilaian kompetensi profesional dan memastikan bahwa para asesor tetap mengikuti perkembangan terkini dalam metodologi penilaian, yang pada akhirnya berkontribusi pada kualitas pendidikan dan pengembangan profesional di wilayah tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
+62 821-9196-3252 a.n. Dr. Pria Gautama, S.T.,M.T.