English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP dan PIPB Sepakat Melangkah Bersama melalui Penandatanganan MoU dan Kunjungan Akademik

29 Nov 2023 - 10:00 WITA · PUBLIC RELATION · 1,178

Makassar, 28 November 2023 - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Politeknik Industri Petrokimia Banten (PIPB) menjalin kemitraan strategis dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, 28 November 2023, di Ruang Rapat Lt2 PNUP. Momentum bersejarah ini diikuti dengan kunjungan akademik ke Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Kimia di PNUP.

 

Acara penandatanganan MoU dihadiri oleh para pimpinan tinggi dan jajarannya dari kedua politeknik, yaitu Ir. Ilyas Mansur, M.T., selaku Direktur PNUP, dan Supardi, S.Pd., M.Pd., selaku Direktur PIPB. Dalam sambutannya, Ir. Ilyas Mansur, M.T., mengungkapkan rasa terima kasih atas inisiatif PIPB untuk menjalin kerjasama. "Tujuan MoU ini adalah bagaimana mencapai predikat akreditasi terbaik. Misi kita sama, yaitu bagaimana bersama-sama meningkatkan mutu dan prestasi perguruan tinggi," ucapnya.

 

Supardi, S.Pd., M.Pd., Direktur PIPB, menegaskan komitmen institusinya untuk belajar dari pengalaman PNUP yang lebih matang. "Kami masih muda, sehingga harus belajar banyak kepada kampus-kampus yang sudah maju. Saat ini, kami memiliki lebih dari 200 mahasiswa untuk dua angkatan," jelasnya.

 

Setelah penandatanganan MoU, delegasi PIPB melanjutkan kunjungan ke Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Kimia di PNUP. Dr. Akhmad Taufik, S.T., M.T., Dosen di Jurusan Teknik Mesin, menyambut para tamu dengan antusias, "Kami berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknik mesin serta mendukung perkembangan mahasiswa melalui kolaborasi ini."

 

Dr. Ridhawati, S.T., M.T., Sekretaris di Jurusan Teknik Kimia PNUP, menambahkan, "Kami melihat potensi besar dalam kerjasama ini, terutama dalam hal pertukaran pengetahuan dan pengembangan kurikulum."

 

Para delegasi PIPB mengapresiasi keramahan dan semangat kerjasama yang diterima selama kunjungan tersebut. "Kami sangat terkesan dengan fasilitas dan komitmen dosen di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia PNUP. Ini adalah langkah awal yang baik untuk menjalin kerjasama yang berkelanjutan," ujar Wakil Direktur 3 PIPB, salah satu perwakilan dari PIPB.

 

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum pembentukan kemitraan antarperguruan tinggi, tetapi juga peluang untuk saling belajar dan memahami potensi yang dapat dikembangkan bersama. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang teknik di kedua institusi.