English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

MONEV Program Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Vokasi di LSP PNUP dapat Dukungan Positif dari Tim PT Vokasi

22 Nov 2023 - 10:49 WITA · 22 Nov 2023 - 10:51 WITA · PUBLIC RELATION · 652

Makassar, 21 November 2023 - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menerima kunjungan dari tim program pendidikan vokasi dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan sertifikasi kompetensi mahasiswa vokasi. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kontrak kerja antara PNUP dan tim pendidikan vokasi dalam mendanai program sertifikasi kompetensi untuk 180 mahasiswa yang terbagi dalam 8 skema ujian kompetensi sertikom.

Kegiatan ini, sebagai bentuk pengawasan dan monitoring tim pendidikan vokasi, bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan kualitas LSP PNUP. Tim monitoring yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Bapak Darmansyah dan Jamoding, yang ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Acara dibuka oleh Wakil Direktur I PNUP, Bapak Rusdi Nur, S.ST.,M.T.,Ph.D. Selanjutnya, tim melakukan pengecekan dokumen di LSP PNUP, termasuk laporan pertanggungjawaban 8 skema dengan 9 unit kompetensi yang diujikan dalam program sertikom diksi 2023 sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan aturan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menanggapi kegiatan monitoring, Bapak Darmansyah menyatakan harapannya bahwa mahasiswa dan asesor-asesor PNUP semakin menyadari pentingnya sertifikasi kompetensi. "Kesesuaian profil lulusan dengan Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) merupakan hal yang sangat penting bagi ketercapaian kompetensi mahasiswa," tutur Darmansyah.

Setelah proses monitoring, LSP PNUP berharap mendapatkan rekomendasi positif dari tim, meskipun Darmansyah dan Jamoding mengakui adanya beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki. "Dari segi standar yang diminta oleh tim sudah mengikuti format laporan juknis sertikom, meskipun masih ada kekurangan di beberapa bagian dan sedikit revisi yang bisa dibenahi oleh tim LSP," jelas Darmansyah.

Tim LSP berharap bahwa melalui kegiatan monitoring dan evaluasi ini, LSP PNUP dapat terus melanjutkan proses sertifikasi untuk mahasiswa PNUP dan mendapatkan pendanaan untuk program sertifikasi kompetensi di tahun-tahun mendatang. "LSP PNUP mendukung mahasiswa untuk mendapatkan pengakuan kompetensi di bidangnya, meningkatkan kemampuan mereka untuk bersaing di pasar kerja global," tambahnya.