English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Bersama IEEE Indonesia Section AES/GRSS Joint Chapter Sukses Gelar Online Workshop on Laser Satellite Communication

18 Sep 2023 - 17:03 WITA · PUBLIC RELATION · 1,116

Makassar, 12 September 2023 - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bekerja sama dengan IEEE Indonesia Section AES/GRSS Joint Chapter telah sukses menggelar Online Workshop on Laser Satellite Communications pada Selasa, 12 September 2023.

Workshop ini merupakan lanjutan dari keberhasilan acara sebelumnya dan diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro PNUP melalui Program Studi (Prodi) D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) PNUP dan didukung oleh CATTAR (Centre for Applied Telecommunications Technology Research Group). Beberapa universitas seperti Universitas Pertahanan RI, Universitas Kahuripan Kediri, Universitas Fajar, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga turut berperan sebagai co-host dalam acara ini. Dukungan dari pihak industri juga datang dari PT. Telkomsat.

Ketua Panitia, Riesa Krisna Astuti Sakir, S.T., M.Eng., menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi dan pertukaran pengetahuan terkini, ide-ide inovatif, dan penemuan-penemuan baru dalam bidang telekomunikasi yang dapat berkolaborasi dengan bidang lainnya. Peserta yang beragam, terdiri dari praktisi, peneliti, dosen, dan mahasiswa, menunjukkan antusiasme tinggi dalam berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi.

Koordinator Prodi D4 TRJT PNUP, Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM, AER., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PNUP sebagai mitra pelaksana dalam kegiatan Online Workshop on Laser Satellite Communications ini. Ia juga menjelaskan bahwa PNUP telah membentuk pusat-pusat penelitian dalam tiga tahun terakhir, termasuk CATTAR, yang fokus pada pengembangan riset dan potensi lokal di wilayah Sulawesi Selatan.

Koordinator Pelaksana, Ir. Sandryones Palinggi, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., dan Ketua IEEE Indonesia Section AES/GRSS Joint Chapter, Dr. Ing. Arifin Nugroho, DEA., IPU., berharap bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun di mana program-program lanjutan akan terus digalakkan sebagai bentuk peran serta IEEE Indonesia Section dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di Wilayah Timur Indonesia.

Para pembicara yang diundang dalam workshop ini membahas topik Laser Satellite Communications. Keynote Speaker adalah Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM, AER. (PNUP), Dr. Agus M. Hatta, B.Eng., M.Sc. (Departemen Fisika, ITS), Dr. Ir. Erna Sri Sugesti, M.Sc. (School of Electrical Engineering, Telkom University), Dr. Ing. Arifin Nugroho, DEA., IPU. (IEEE Indonesia Section AES/GRSS Joint Chapter), dan Angga Risnando, S.T., M.B.A. (AVP Product Management, PT. Telkomsat).

Workshop ini juga menghasilkan kesepakatan untuk membentuk grup diskusi pengembangan pengetahuan dan teknologi dalam bidang telekomunikasi.