English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Perangkat Project-Based Learning

16 Sep 2023 - 21:12 WITA · 16 Sep 2023 - 22:19 WITA · PUBLIC RELATION · 962

Makassar, 15 September 2023 - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan Bimtek penyusunan perangkat Project Based Learning (PBL) mulai 11 hingga 14 September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf pengajar sebagai bagian dari upaya transformasi pendidikan vokasi di Indonesia.

PBL atau pembelajaran berbasis proyek telah diakui sebagai salah satu metode inovatif yang efektif dalam mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia nyata. Workshop Model Pembelajaran PBL ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dengan menjadikan peserta mampu menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam dunia vokasi dan penguasaan terhadap kompetensi abad 21. 

Direktur PNUP, Ir. Ilyas Mansur, M.T., mengungkapkan, "Kegiatan bimbingan teknis PBL ini dimaksudkan untuk membekali seluruh dosen agar semakin memahami perannya sebagai pembangkit PBL sekaligus bagian dari pelaksana PBL dan diharapkan semakin terarah dalam menerapkan metode pembelajaran kolaboratif dan berbasis proyek." Kegiatan ini juga  bertujuan untuk meningkatkan realisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) 3.2, yang ditargetkan mencapai 80% sesuai dengan Perjanjian Kinerja Direktur.

Kegiatan  bimtek selama 4 hari dipandu oleh Ibu Dharma Aryani dan Bpk Ahmad Zubair Sultan dari PNUP dan dilengkap sesi sosialisasi Perdirjen Pendidikan Vokasi No 27 tahun 2022 tentang Panduan Penerapan PBL oleh Bapak Surateno dari Politeknik Negeri Jember.

Workshop dan sosialisasi ini merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di PNUP dan menyediakan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri.