English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Prodi D-4 Teknik Mekatronika Tahun 2023

09 Sep 2023 - 21:56 WITA · PUBLIC RELATION · 1,384

Menghadapi Masa Depan dengan Pengalaman Dunia Nyata

Makassar, 28 Agustus 2023 - Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Program Studi D-4 Teknik Mekatronika Universitas Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah menggelar acara Pembekalan dan Pelepasan untuk menyambut tahun akademik 2023. Acara ini bertujuan untuk memberikan persiapan yang matang kepada mahasiswa yang akan mengikuti Praktik Industri (PI), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), dan Program Magang Ke Eropa (PME) - Markija Berdaya.

Peserta Praktik Industri (PI) tahun ini terdiri dari tiga kelas, yaitu PI Kelas 3A, PI Kelas 3B, dan PI Kelas 3C, dengan total 50 mahasiswa. Mereka akan melaksanakan PI di berbagai industri terkemuka seperti *PT CNC Controller Indonesia*, *PT Andalan Fluid Sistem*, *Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1*, *PT Poso Energi*, *PT Eastern Pearl Flour Mills*, *PT Pelindo Terminal*, *PT Tri Putra Agro Persada*, dan berbagai perusahaan ternama lainnya.

Selain itu, satu mahasiswa dari kelas 3B, Zahran Atha Dillah, berhasil mendapatkan kesempatan untuk mengikuti International Industrial Scientific Mobility and Apprenticeship (IISMA) di *Coventry University, UK*. Ini adalah prestasi luar biasa yang patut diapresiasi.

Seorang mahasiswa dari kelas 1B, Andi Muhammad Fadil, berhasil lolos dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan akan melanjutkan studi di *Universitas Airlangga* selama satu semester pada Ganjil 2023/2024. Ini adalah langkah besar untuk memperluas wawasan akademisnya.

Puncak dari acara ini adalah pengumuman sembilan mahasiswa alumni tahun 2023 yang terpilih untuk mengikuti Program Magang Ke Eropa (PME) - Markija Berdaya. Mereka akan berangkat ke berbagai negara Eropa, seperti Czechia, Ceko, dan Hungaria, untuk mendapatkan pengalaman berharga di perusahaan internasional seperti *PT Poso Energi* dan *PT Pelindo Terminal Petikemas TPK New Makassar*.

Dalam sambutannya, *Dr. Eng. Akhmad Taufik, S.T., M.T.*, Koordinator Program Studi D4 Teknik Mekatronika, mengatakan, "Praktik Industri atau Praktik Kerja Lapangan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dimana mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang sangat berharga di industri yang sulit didapatkan di dalam kelas perkuliahan di kampus. Selamat kepada semua peserta dan semoga sukses!"

Acara ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Prodi D-4 Teknik Mekatronika PNUP untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan bekal pengalaman dunia nyata. Semoga mereka sukses dalam perjalanan akademis dan karir mereka ke depannya.