English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PKM Pemberdayaan PKK Desa Panaikang Kec. Pattallassang Kab. Gowa melalui diversifikasi produk olahan ubi kayu dan system

21 Aug 2023 - 12:27 WITA · PUBLIC RELATION · 1,162
Desa Panaikang Kec. Pattallassang Kab. Gowa menyimpan sejumlah potensi kearifan pangan seperti padi, jagung dan ubi kayu. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan PKK melalui diversifikasi produk olahan ubi kayu dan sistem pemasaran e-commerce. PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan mampu meningkatkan kesejahteraan melalui kreatifitas masyarakat setempat. Pelaksanaan PKM ini berkolaborasi dengan dosen dan mahasiswa PNUP dari Prodi D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan, D4 Teknik Komputer dan Jaringan dan D4 Administrasi Bisnis.
Pada hari Sabtu (22 Juli 2023) di Desa Panaikang, dosen dan mahasiswa PNUP melakukan pelatihan dan demonstrasi produk olahan ubi kayu. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua PKK Desa Panaikang beserta ibu PKK lainnya. Antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini sangat responsif. Masyarakat memberikan tanggapan yang kritis mulai dari proses produksi, jaminan kualitas mutu, pelabelan produk, tingkat ketahanan produk dan pemasaran digital.
Program PKM ini dilanjutkan pada hari Jumat 28 Juli 2023, melaui demonstrasi produk olahan ubi kayu dengan menunjukan beberapa kearifan produk olahan ubi kayu seperti tepung tapioca, mocaf dan rengginang. Bantuan beberapa peralatan produksi telah diserahkan langsung kepada Ketua PKK Desa Panaikang dengan harapan memicu semangat masyarakat setempat untuk memproduksi olahan ubi kayu.
Selain itu, Tim PKM membantu pelabelan produk dan target pemasaran sehingga dapat memperkenalkan olahan ubi kayu secara komersial. Melalui pemasaran digital berbasis e-commerce menjadi suatu kemajuan dalam menjelajah target pasar yang luas. Dr. Ridhawati Thahir, S.T., M.T selaku ketua tim pelakasan PKM mengharapkan output dari kegiatan ini dapat memproduksi produk olahan ubi kayu dengan pemasaran digital berbasis e-commerce.
Adapun tim pelaksana PKM yaitu Dr. Ridhawati Thahir, S.T., M.T.; Irmawati, S.T., M.T.; Dr. Sumatriani, SE, M.Si; Muhammad Ainur Afdal, Nurul Magfirah Tenriajeng dan Hasmiah.
Kami mengucapkan terimah kasih kepada masyarakat Desa Panaikang yang telah menerima program PKM dengan baik dan dapat melanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada DRPM Ristekdiksi atas pendanaan yang diberikan untuk kegiatan PKM ini berdasarkan Perjanjian Pendanaan Pelaksanaan PKM Nomor: 163/SPK/D.D4/PPK.01.APTV/VI/2023