English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kolab antara Dosen, Mahasiswa dan Mitra Pendampingan Pengembangan Usaha IKM Jiwa Raga

04 Aug 2023 - 15:34 WITA · 08 Aug 2023 - 10:33 WITA · PUBLIC RELATION · 1,002
Industri makanan dan minuman menjadi perhatian utama untuk diberdayakan karena merupakan industri padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja. Kontribusi terhadap perekonomian Indonesia juga lebih tinggi dibandingkan dengan industri nonmigas lain. Industri Kecil Menengah Jiwa Raga (IKM-JIRA) Balla Ratea merupakan salah satu IKM yang memproduksi berbagai makanan frozen (Singkong, Bakara, Ikan Kambuh), bumbu siap saji khas makassar, cemilan ( Keripik Bawang Merah & Putih, Kacang Langkose, dan minuman berupa Saraba & Minuman Rempah (Habbatussaudah). IKM JIRA selama ini melakukan pengolahan belum melibatkan K3L, pemasaran door to door ataupun mengikuti pameran bersifat konvensional (manual), kemasan dan labelling masih standard. Hasil permasalahan diindentifikasi dan melakukan solusi melalui Pendampingan Pengembangan Usaha Industri Kecil Menengah (Ikm) Jiwa Raga.  Hadirnya dosen dan mahasiswa diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan IKM JIRA dengan mengidentifikasi potensi IKM seperti Lingkungan Kerja,  beragam produk, kemasan dan teknik pemasaran Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan bagian Tridharma Perguruan Tinggi dimana Dosen dan Mahasiswa PNUP berkolaborasi dalam mentransfer knowledge maupun IPTEK kepada masyarakat khususnya Tim IKM JIRA.
 
Aktivitas PKM berupa penjelasan secara singkat tentang solusi permasalahan IKM JIRA, praktek akan solusi dan ditawakan berupa kemasan yang sesuai produk dimana anggota IKM praktek mengisi saraba ke dalam botol telah disterilkan, penempelan label dan penggunaan akun media pemasaran digital seerta penerapan K3L dalam produksi. Pelatihan tidak hanya dari sisi teknis, tetapi juga dari sisi bisnis bagaimana meningkatkan kapasitas industri. Paparan singkat oleh dosen dan peragaan/pendamping praktek oleh mahasiswa. Yuliani HR sebagai ketua PKM menyampaikan bahwa program Pengabdian kepada Masyarakat pelaku IKM JIRA mengikuti pelatihan dan pendampingan oleh dosen dan mahasiswa, mengimplementasikan Indikator Kinerja Utama (IKU) no 2 (Mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus), 3 (Dosen Berkegiatan d iluar Kampus), 5 (hasil Kerja Dosen digunakan oleh Masyarakat) dan tidak kalah ada bagian promosi Teknik Kimia PNUP. Pemantau berkesinambungan pendampingan IKM JIRA maka ditempatkan 7 (tujuh) mahasiswa KKN Tekniik Kimia dengan harapan mahasiswa mengupgrade penjulan dan inovasi baru di IKM ini. Pada bagian akhir kegiatn TIM PKM PNUP Menyerahkan APD buat keamanan bekerja bagian produksi, Mesin Vacuum Sealer dan Akun Media Digital (iq, Whatshapp, Tiktok, Shoppe, Gojek, Grab dan Maxime).
 
Tim dosen juga berharap mahasiswa KKN Teknik Kimia PNUP dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat di Pelita Taeng , Desa Tae_Palangga  GOWA lokasi IKM JIRA Balla Ratea. Program PKM ini di support oleh pendanaan Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (P3M) berdasarkan SK Direktur PNUP No 959/P/2023 tanggal 8 Mei 2023. Tim ini beranggota Dosen Teknik Kimia dan Administtrasi Niaga serta Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang. Yuliani HR, Tjare A. Tjambolang, Dian Ranggina, Maria A.N Ole dan Mimin Septiani.