English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

UJI KOMPETENSI PERALATAN DESTILASI SEDERHANA MAHASISWA TEKNIK KIMIA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

04 Aug 2023 - 11:37 WITA · 08 Aug 2023 - 10:36 WITA · PUBLIC RELATION · 811
Polteknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dengan  Slogan Ahlinya Vokasi maupun Maccaki tentu saja menyiapkan calon alumninya ahli dibidangnya sesuai profile program studi yang ada di PNUP.  Pencapain ini tentu saja hal yang terus dilakukan oleh semua jurusan dan salah satunya melalui pengujian kepada calon alumni 2023 berupa Ujian Kompetensi (UJIKOM). Skema TUK Teknik Kimia pada SKEMA PERALATAN DESTILASI SEDERHANA, Rabu 2 Agustus 2023 melaksanakan UJIKOM kepada 46 Mahasiswa yang melibatkan 12 Asesor Teknik Kimia.  Menurut Rahmia selaku Ketua TUK Teknik kimia bahwa peserta UJIKOM ini terdiri dari Calon alumni D4 Teknologi Kimia Industri (TKI) sebanyak 16 Mahasiswa dan Mahasiswa Tingkat Akhir D3 Analisis Kimia (AKIM) 30 orang.
UJIKOM Peralatan Destilasi Sederhana ini merupakan pengujian kemampuan dasar dalam proses pemisahan yang di Industri ini bagian akhir dari suatu proses sebelum produk dikemas dan dipasarkan Purifikasi produk ini bertujuan menyiapkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen (pasar). Seorang Teknik Kimia tidak hanya berpikir produk terbaik tetapi harus berpikir bagaimana produk ini memenuhi kebutuhan pasar dan omsetnya meningkat. Yuliani HR selaku asesor mengatakan bahwa pada ujian kompetensi ini, asesi (mahasiswa yang diuji) sistem pengujian berupa (1) praktek & observasi yakni pengoperasian peralatan destilasi sederhana, penentuan suhu, volume umpan dan produk yang dikonversi ke massa, penentuan berat jenis (bj), persen (%) serta penegcekan peralatan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Pengujian lain berupa (2) tes tertulis dan (3) interview untuk memastikan jika masih ada yang belum jelas saja dari jawaban mahasiswa.  Hasil pengujian ini asesor akan memberikan rekomendasi berupa Kompeten  atau  Belum Kompeten,  tentu saja ini tergantung kemampuan Asesi menyakinkan Asesor  pada setiap jawaban selama proses UJIKOM, papar Yuliani HR.
Menurut Yuliani HR  yang juga Penanggung Jawab Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) bahwa mahasiswa maupun alumni bahwa selain memiliki Ijazah dari pendidikan formal tentu sangat diperlukan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) . Industri memberikan apresiasi  berupa perlakuan khusus kepada alumni yang memiliki SKPI berupa sertifikasi kompetensi menggambarkan kemampuan calon karyawan tidak perlu lagi melakukan tes terkait materi tersebut. Adanya UJIKOM dan Asesinya dinyatakan Kompeten diharapkan akan berpengaruh kepada jumlah alumni PNUP terserap di Industri meningkat yang secara langsung berdampak pada Akreditas Perguruan Tinggi.