English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dosen Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang Olah Ikan Bandeng Jadi Nugget dan Bakso

03 Aug 2023 - 16:09 WITA · 08 Aug 2023 - 10:38 WITA · PUBLIC RELATION · 1,380
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Ujung Pandang, digelar di Desa Kabba, Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep pada 26 Juli 2023 lalu. PKM ini merupakan program pendanaan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Ujung Pandang.
Kegiatan ini mengusung tema “Pengolahan Produk Nugget dan Bakso Ikan Bandeng di Desa Kabba”.
Selaku ketua, Dra. Sri Indriati, M.Si., menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas Sumber Daya Manusia khusunya Ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Reformasi Desa Kabba dalam mengelola usaha dan meningkatkan pendapatannya.
Menurutnya, kalangan kampus (akademisi) memiliki tanggungjawab sosial yang besar di tengah-tengah Masyarakat. Keberadaan dunia Pendidikan seharusnya mampu memberikan manfaat atau kontribusi nyata bagi Masyarakat.
Selain itu, sambung Sri Indriati, kegiatan itu juga memberikan kesempatan bagi dosen untuk mengimplementasikan 8 IKU. Di antaranya adalah dosen berkegiatan di luar kampus, hasil karya dosen digunakan oleh Masyarakat, serta mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.
Dalam sambutannya, Nasrullah Salam, S.H. selaku Kepala Desa Kabba mengatakan bahwa selama ini warga hanya menjual hasil panen tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Padahal, jika hasil panen berupa ikan bandeng tersebut diolah kemudian dijual ke pasaran, maka dipastikan akan memberikan nilai tambah yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Masyarakat khusunya di Desa Kabba.
 
“Kami sangat berterima kasih kepada TIM PKM Jurusan Teknik Kimia PNUP karena telah memilih Desa Kabba sebagai mitra. Saya harap seluruh rangkaian kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh oleh anggota Kelompok Wanita Tani sehingga kegiatan ini dapat memberi dampak yang signifikan terhadap ekonomi di Desa Kabba,” ungkap Nasrullah. Tak hanya memberikan pelatihan, TIM PKM Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang juga menyerahkan bantuan peralatan dan bahan yang bisa digunakan dalam pengolahan produk ikan bandeng ini. Bahan dan peralatan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TIM PKM, Dra. Sri Indriati kepada Ketua KWT Reformasi Desa Kabba, Nuraeni Ramli.
“Kami harap tidak berhenti hanya di pelatihan ini saja, tapi bisa terus berlanjut untuk dikembangkan oleh anggota KWT Reformasi Desa Kabba,” harap Sri Indriati.